Piala Dunia 2018: Brace Cavani Pulangkan Ronaldo dan Portugal

Uruguay selesaikan tugasnya dengan baik dengan mengalahkan Portugal 2-1 berkat brace Edinson Cavani.

Setelah Argentina harus mengakui keunggulan Prancis dengan skor 4-3, kini giliran Portugal vs Uruguay untuk menentukan siapa yang akan bertemu skuad asuhan Didier Deschamps itu.

Kedua tim sama-sema menunggunakan formasi 4-4-2. Duet Edinson Cavan-Luis Suarez beradu ketajaman dengan pasangan Cristian Ronaldo-Goncalo Guedes.

Pertandingan dimulai dan tidak butuh waktu lama bagi Uruguay untuk unggul. Pada menit ke-7, tusukan Suarez dari sisi kiri lalu dilanjutkan dengan crossing sangat matang ke Cavani membuat fans Uruguay bersorak-sorai. Gol ini adalah yang kedua bagi Cavani di Piala Dunia 2018, lebih banyak dari dua Piala Dunia sebelumnya.

Selain itu ada catatan menarik dari gol Cavani. Dalam tiga laga terakhir, percobaan pertama tendangan ke arah gawang selalu mampu dikonversi menjadi gol.

Portugal tidak tinggal diam. Ronaldo beberapa kali mencoba melakukan cut inside kemudian bersiap untuk menendang bola, tetapi barisan bek Uruguay tahu dengan kebiasaannya itu. Apalagi duet bek tengah Diego Godin-Jose Gimenez sudah makan asam garam menghadapi Ronaldo di La Liga.

Babak pertama berakhir dengan skor 1-0.

Memasuki babak kedua, Portugal bermain lebih mendominasi sedangkan Uruguay malah mencoba bermain lebih sabar dan terkesan bertahan. Pemilihan gaya bermain ini menjadi senjata makan tuan untuk anak asuh Oscar Tabarez.

Pada menit ke-57, setelah diawali kemelut di depan gawang Fernando Muslera yang menghasilkan tendangan sepak pojok, Portugal berhasil menyamakan skor berkat sundulan Pepe yang lepas dari penjagaan pemain Uruguay.

Namun Uruguay adalah tim yang berbeda jika Suarez dan Cavani bermain bersama. Pertahanan Portugal yang mulai lengah karena fokus menyerang dimanfaatkan dengan baik oleh Cavani. Dengan mudah dia menendang bola dari luar kotak penalti dan Rui Patricio tidak mampu berbuat banyak. Tenang dan indah.

Situasi yang sama seperti sebelum Portugal terjadi lagi. Ronaldo dan kawan-kawan melakukan serangan bertubi-tubi sedangkan Uruguay bermain bertahan dan sesekali mencoba memanfaatkan serangan balik.

Tapi hingga peluit panjang berbunyi, Portugal tetap tidak bisa menyamakan kedudukan. Akhirnya Uruguay berhasil lolos ke babak perempat final dan akan bertemu Prancis.

Comments