Piala Dunia 2018: Belgia Balikkan Keadaan atas Jepang secara Dramatis

Timnas Belgia lolos ke babak perempat final Piala Dunia 2018 setelah mengalahkan timnas Jepang dengan skor 3-2 pada babak 16 besar dalam laga yang berlangsung di Rostov Arena, Senin (2/7/2018) waktu setempat atau Selasa pukul 01.00 dini hari WIB.

Sempat tertinggal lebih dulu karena gol Jepang yang dilesakkan Genki Haraguchi pada menit ke-48 dan Takashi Inui pada menit ke-52.

Namun, Belgia bisa bangkit dan membalikkan keadaan lewat gol yang diciptakan oleh Jan Vertonghen pada menit ke-69, Marouane Fellaini pada menit ke-74, dan lesakan Nacer Chadli pada (90+4).

Atas hasil ini, pada fase perempat final, Belgia akan bertemu dengan Brasil yang sebelumnya telah menyingkirkan Meksiko dengan skor 2-0.

Pada laga ini, Belgia unggul dalam penguasaan bola dengan 56 persen, berbanding 44 persen milik Jepang.

Namun, Jepang mampu tampil mengejutkan dengan meladeni permainan dari Eden Hazard dkk.

Bermain imbang 0-0 pada babak pertama, tim Matahari Terbit itu berhasil membuka keunggulan pada awal-awal babak kedua.

Mendapat umpan terobosan, Genki Haraguchi sukses menguasai bola dan melepaskan tendangan yang menembus gawang Courtois pada menit ke-48.

Tak berhenti di situ, Jepang kemudian sukses membuat gol kedua lewat tendangan Takashi Inui yang tak mampu dihalau kiper Belgia. Skor 2-0 untuk Jepang.

Namun, Belgia tak mengibarkan bendera putih begitu saja. Vertonghen berhasil membuat gol pertama via sundulan pada menit ke-69. Mendapat angin, Belgia berhasil menyamakan kedudukan lewat Fellaini via sundulannya setelah menerima umpan Hazard.

Petaka untuk Jepang terjadi setelah Nacer Chadli menciptakan gol pada masa injury time. Gol itu pun sekaligus menyegel kemenangan Belgia atas Jepang dengan skor 3-2.

Susunan pemain Belgia dan Jepang:

Belgia: 1-Thibaut Courtois, 4-Vincent Kompany, 5-Jan Vertonghen, 2-Toby Alderweireld, 15-Thomas Meunier, 6-Axel Witsel, 7-Kevin De Bruyne, 11-Yannick Ferreira Carrasco, 10-Eden Hazard, 14-Dries Mertens, 9-Romelu Lukaku

Pelatih: Roberto Martinez

Jepang: 1-Eiji Kawashima, 22-Maya Yoshida, 5-Yuto Nagatomo, 19-Hiroki Sakai, 3-Gen Shoji, 17-Makoto Hasebe, 14-Takashi Inui, 10-Shinji Kagawa, 8-Genki Haraguchi, 7-Gaku Shibasaki, 15-Yuya Osako

Pelatih: Akira Nishino

Wasit: Malang Diedhiou (Senegal)

Comments