5 Gol Tercepat di Sepanjang Sejarah Piala Dunia

Timotius MP Timotius MP

5. Clint Dempsey – 29 Detik (Amerika Serikat vs Ghana Piala Dunia 2014)

Pasukan Amerika Serikat pimpinan Jurgen Klinsmann bertemu dengan Ghana dalam laga pertama babak grup. Clint Dempsey selaku kapten dan pemain paling banyak pengalaman di kancah sepak bola Eropa mengambil alih permainan sejak menit pertama.

Tusukan ke sisi kiri pertahanan Ghana tidak bisa dibendung oleh dua pemain lawan lalu dengan tenang dia menendang ke arah kanan gawang yang dijaga Adam Kwarasey. 29 detik pertama yang menjadi sejarah untuk Amerika Serikat.

4. Bryan Robson – 27 Detik (Inggris vs Prancis Piala Dunia 1982)

Pemain andalan Manchester United yang juga menjadi tumpuan di lini tengah Inggris pada masanya mencetak gol kejutan kontra Prancis dalam babak grup di Piala Dunia 1982.

Proses lemparan ke dalam yang menjadi kemelut di depan gawang Prancis sukses dimanfaatkan Robson. Bola liar serta tidak ada yang menjaganya membuat Robson dengan mudah membobol gawang Jean-Luc Ettori. Hanya perlu waktu 27 detik agar Inggris bisa unggul. Dan di pertandingan itu, mereka memang keluar sebagai pemenangnya.

3. Ernst Lehner – 25 Detik (Jerman vs Austria Piala Dunia 1934)

Gol ini selain masuk daftar lima tercepat juga menjadi gol yang paling tua. Ernst Lehner adalah pemain sayap kanan Jerman kala itu. Dia juga bukan pemain profesional, namun karirnya di tim nasional Jerman layak diperbincangkan.

Dalam pertandingan penentuan juara ketiga, Jerman dengan cepat unggul dari Austria berkat sepakan Lehner pada detik ke-25. Selain mencetak gol tercepat, saat itu dia juga menjadi pahlawan Jerman karena mencetak gol ketiga mereka sekaligus memastikan diri keluar sebagai juara ketiga dalam pergelaran Piala Dunia kedua sepanjang sejarah.

2. Vaclav Masek – 16 Detik (Cekoslowakia vs Meksiko Piala Dunia 1962)

Vaclav Masek bukanlah pemain fenomenal di jaman itu. Dia hanya striker yang biasa saja. Namun namanya tercatat sebagai pencetak gol tercepat nomor dua sepanjang sejarah Piala Dunia.

Memasuki pertandingan ketiga babak grup, pertemuan kontra Meksiko sudah tidak berarti apa-apa untuk Cekoslowakia. Mereka sudah dipastikan lolos ke babak berikutnya. Untungnya Masek tidak mau bersantai-santai saja. Dengan waktu 16 detik saja, dia membobol gawang Meksiko yang dijaga sang kapten, Antonio Carbajal. Sayangnya itu adalah gol satu-satunya Cekoslowakia karena dalam 89 menit berikutnya mereka kebobolan tiga gol.

1. Hakan Sukur – 10,8 Detik (Turki vs Korea Selatan Piala Dunia 2002)

Pasti banyak saksi hidup yang menyaksikan gol tercepat sepanjang sejarah turnamen sepak bola terbesar di dunia ini. Hakan Sukur dengan tenang membobol gawang tuan rumah fenomenal, Korea Selatan dalam pertandingan perebutan posisi ketiga.

Kesalahan koordinasi di lini belakang Korea Selatan yang panik ditekan oleh Hakan membuatnya bisa dengan mudah membelah pertahanan Taegeuk Warriors. 10,8 detik yang pasti akan selalu diingat olehnya karena Piala Dunia 2002 juga merupakan Piala Dunia pertama dan terakhir dari legenda Galatasaray tersebut.

Comments