16 Gelar Bergengsi Varane di Usia 25 Tahun

Kemenangan Prancis atas Kroasia di final Piala Dunia, Minggu (15/7) menjadi gelar bergengsi untuk semua pemain Les Blues. Tak terkecuali Raphael Varane yang melengkapi gelar bergengsinya musim ini setelah dua bulan sebelumnya menyabet gelar Liga Champions bersama Real Madrid.

16 gelar bergengsi kini dikoleksi pemain belakang timnas Prancis sekaligus Real Madrid ini. Varane sudah mencicipi 4 gelar Liga Champions, 3 Piala Dunia Klub, 3 Piala Super Eropa, 2 gelar La Liga, satu Copa del Rey, 2 Piala Super Spanyol, dan yang paling terakhir, trofi Piala Dunia. 16 Gelar bergengsi itu bahkan dikoleksinya di umur yang baru 25 tahun.

Catatan tersebut menjadikan bek Real Madrid ini masuk dalam catatan sejarah dimana puncaknya ditulis 15 Juli 2018. Pada Piala Dunia kali ini, Varane juga mencatatkan namanya di papan skor saat Prancis berhadapan dengan Uruguay.

“Seperti Dembele memberitahu saya, saya telah menyelesaikan sepak bola,” ujar Varane antusias setelah memenangkan final Piala Dunia. “Sebenarnya itu adalah musim yang hebat, apa saya mengalami luar biasa, fantastis. Karir saya telah dimulai dengan sangat spektakuler,” tambahnya bangga.

Antara Prestasi dan Mitos

Koleksi trofi mulai dicapainya pada musim 2011/12, ketika ia mengangkat trofi pertamanya: La Liga dengan kemenangan 100 poin, yang merupakan gelar ke-32 untuk Los Blancos. Saat itu Varane masih berusia 19 tahun dan hampir tidak bermain sembilan pertandingan dalam kompetisi domestik.

Selain semakin berkembang sebagai pemain, ada fakta unik lainnya. Saat Varane bermain dalam 10 final dalam karirnya, Real Madrid selalu menang dan keluar sebagai juara. Namun pada final Copa Del Rey musim 2012/2013 dimana ia absen akibat cedera, gelar tersebut jatuh untuk Atletico Madrid.

Fakta tersebut diperkuat pada perhelatan Piala Eropa 2016 lalu. Cedera otot kaki kirinya menyebabkan Varane harus absen bela Prancis. Saat itu, Prancispun harus tunduk dari Portugal 1-o.

Comments