5 Pemain “Murah” Berkualitas yang Bisa Direkrut Real Madrid Musim Panas Ini

Zakky BM Zakky BM

Terakhir kali Real Madrid berbelanja cukup serius di bursa transfer musim panas, bisa dibilang setelah Piala Dunia 2014 lalu.

James Rodriguez dan Toni Kroos adalah dua nama yang didatangkan Los Blancos untuk memperkuat lini tengah mereka dengan banderol total hingga 100 juta Euro (72 untuk James, 25 untuk Kross) saat itu. Namun setelahnya, Madrid nyaris senyap dalam urusan transfer pemain berlabel galacticos.

Meski senyap, prestasi Madrid tetaplah gemerlap. Musim 2017/18, 2016/17 dan 2015/16 menjadi bukti kedigdayaan Madrid di Eropa meski tak belanja besar-besaran. Rataan harga pemain rekrutan dengan hanya 30an juta Euro jelas terhitung murah bagi Madrid dan juga bagi sepakbola modern hari ini. Dengan berbagai pertimbangan, oleh karena itu kami rasa Madrid masih bisa meneruskan belanja tanpa jorjoran ini dengan membidik nama-nama dibawah ini…

Ehm, sudah pasti anda takkan menemukan nama-nama populer seperti Eden Hazard, Kylian Mbappe, Mauro Icardi atau Harry Kane misalnya yang sudah pasti akan dilepas super mahal oleh klubnya sekarang jika Madrid benar-benar kepincut dengan jasa mereka di lapangan.

Goncalo Guedes

Meski berstatus sebagai pemain pinjaman dari PSG menuju Valencia di awal musim 2017/18 lalu, namun penampilan pemain muda asal Portugal tersebut menuai banyak pujian dari banyak kalangan penggemar dan pengamat La Liga Spanyol. Pemain yang beroperasi di sayap kanan dan kiri Valencia tersebut mencatatkan 5 gol serta 11 assist musim lalu. Bahkan tak hanya bermain sebagai pemain sayap, ia juga beroperasi sebagai penyerang tengah, berduet dengan Cristiano Ronaldo di tim nasional Portugal saat ajang Piala Dunia 2018.

Bahkan beberapa waktu lalu, laman Bleacher Report menyebutkan bahwa CR7 menyarankan presiden Real Madrid, Florentino Perez untuk mengangkut Guedes ke Santiago Bernabeu. Hal ini juga dipermudah karena agen Guedes adalah agen yang sama dengan CR7 yaitu Jorge Mendes.

Market value (nilai pasar) Guedes sendiri berada di angka 40 juta Euro dan ini menjadi keuntungan besar Madrid jika mampu memboyong Guedes dari PSG selaku klub induk pemiliknya sekarang. PSG sendiri dikabarkan ingin menjual beberapa pemainnya demi menghindari hukuman Financial fair Play (FFP) setelah remi memboyong Neymar Jr musim lalu dan mempermanenkan Kylian Mbappe awal musim ini.

Hirving Lozano

Baru semusim di Eropa, Hirving Lozano tampil meledak bersama PSV Eindhoven. Penyerang sayap serba bisa ini, mampu meneror pertahanan lawan dengan kecepatan dribble-nya saat di lapangan. Bayangkan saja, 17 gol dan 11 assist musim 2017/18 adalah bukti shahih kehebatan pemuda satu ini. Bersamanya, PSV mampu menjuarai Eredevise musim 2017/18 lalu. Saat Piala Dunia 2018, gol semata wayang Lozano juga lah yang menjadi salah satu alasan mengapa Jerman mengakhiri turnamen tersebut sebagai juru kunci grup.

Market value (nilai pasar) dari Lozano di laman transfermrkt sendiri terhitung murah, yaitu 30 juta Euro saja. Jika Madrid berminat untuk mendatangkan pemuda asal Meksiko ini untuk menambah kedalam skuat karena ditinggalkan Cristiano Ronaldo ke Juventus, maka kami yakin Lozano akan bisa diboyong dengan harga yang cukup ‘normal’ dan ‘terjangkau’ ketimbang mendatangkan Eden Hazard yang sudah pasti memiliki banderol selangit yang dipasang oleh Chelsea kali ini.

Kepa Arrizabalaga atau Thibaut Courtois

Sebetulnya pendukung Madrid takkan terlilit berita rumor transfer Thibaut Courtois jika seandainya Januari 2018 lalu mereka resmi merekrut Kepa Arrizabalaga seharga 20 juta Euro dari Athletic Bilbao. Pasca kegagalan tersebut, Kepa dikabarkan meneken perpanjangan kontrak dengan Athletic Bilbao hingga tahun 2025 nanti.

Masalah kiper di kubu Madrid ini sebetulnya lebih kepada pesaing yang tangguh untuk Keylor Navas saja. Jika ada kiper baru yang bagus masuk seperti Kepa atau Courtois, mungkin Navas yang sudah mulai uzur akan tersingkir ke bangku cadangan atau bahkan hengkang dari Los Blancos.

Beberapa kabar menyebutkan Kepa kini dibanderol hingga 80 juta Euro sedangkan Courtois hanya 35 juta Euro saja. Padahal status klub pemilik Courtois adalah Chelsea yang notabenenya sedang memerlukan pemain inti untuk membangun ulang skuat mereka di bawah pelatih baru, Maurizio Sarri. Menarik untuk ditunggu siapa akhirnya yang akan diboyong Madrid kali ini.

Aleksandr Golovin

Satu gol dan dua assist nya memang kurang mewah untuk menggambarkan bagaimana kinerja Aleksandr Golovin sepanjang Piala Dunia 2018 untuk tim nasional Rusia. Namun tak bisa disangkal lagi bahwa Golovin memang berperan besar untuk langkah tim nasionalnya hingga babak 8 besar lalu.

Lini tengah Madrid memang tak kurang dengan pemain terbaik saat ini, namun mendatangkan Golovin juga bukan sebuah kerugian karena ia hanya berada di angka 22 juta Euro merujuk market value (nilai pasar) di laman Transfermarkt. Namun sayangnya, Golovin dikabarkan sudah tinggal selangkah lagi dengan Chelsea, dan jika Golovin mendarat di London, mungkin Eden Hazard akan benar-benar dilepas Chelsea dengan harga selangit menuju Madrid di musim panas kali ini.

Toby Alderweireld dan bek lainnya

Kebobolan 44 gol sepanjang musim lalu di kancah La Liga Spanyol, membuat Real Madrid terlihat buruk dibandingkan dengan Atletico Madrid yang hanya kebobolan 22 gol (paling sedikit), Barca kebobolan 29 gol, dan Valencia yang di posisi keempat yang hanya kemasukan 38 gol saja. Bahkan Getafe yang nangkring di posisi kedelapan saja hanya kebobolan 33 sepanjang musim 2017/18 lalu.

Salah satu faktornya jelas pada lini bertahan. Setelah Madrid mungkin akan mendaratkan kiper baru, seharusnya juga Madrid juga merekrut bek anyar, baik sebagai pemian pengganti ataupun bek utama. Duet Sergio Ramos dan Raphael Varane memang terlihat menakutkan, namun jika pelapisnya hanya Jesus Vallejo dan Nacho, Madrid akan kesulitan bersaing.

Merekrut satu nama berpengalaman seperti bek Belgia, Toby Alderweireld atau bek Kroasia Domagoj Vida mungkin bukan ide buruk. Meski keduanya sudah berumur 29 tahun, namun market value kedua pemian ini terhitung tidak tinggi; Toby sekitar 40 juta dan Vida bahkan hanya 10an juta Euro saja.

Opsi lainnya tentu mendatangkan bek muda untuk proyek jangka panjang Los Blancos. Nama Marquinhos kerap kali disebut akan diboyong Real Madrid meski PSG sendiri mungkin takkan melepaskan salah satu aset berharganya tersebut ke klub asal ibukota Spanyol tersebut.

Comments