Kroos ingin Madrid terima tantangan tanpa Ronaldo

Real Madrid mengawali musim 2018-2019 dengan hasil minor. Tim besutan Julen Lopetegui tersebut sudah melewatkan satu kesempatan meraih trofi karena gagal menjadi juara Piala Super Eropa 2018.

Dalam ajang yang mempertemukan juara Liga Champions dan Liga Europa tersebut, Rabu (15/8/2018) atau Kamis dini hari WIB, Madrid kalah 2-4 dari rival sekota, Atletico Madrid. Ini menjadi laga resmi pertama Madrid tanpa Cristiano Ronaldo, yang pindah ke Juventus.

Meskipun demikian, gelandang Madrid, Toni Kroos, berharap rekan-rekannya tidak terpuruk. Dia justru ingin klub berjulukan Los Blancos tersebut menerima tantangan agar tetap berprestasi setelah kehilangan pemain yang menjadi top skor sepanjang masa Madrid itu.

“Akan menarik melihat bagaimana kami bisa mencapai rekor Cristiano Ronaldo yang memberikan jaminan 50 gol setiap musim,” ujar Kroos kepada Bild.

“Ini menjadi tantangan yang bagus untuk memperlihatkan bahwa meskipun tanpa dia, kami tetap menjadi tim pilihan. Saya memiliki keyakinan kami bisa melakukan hal tersebut.”

Ronaldo meninggalkan Madrid pada bursa transfer musim panas ini setelah Juventus menebus klausul pelepasannya senilai 100 juta euro (sekitar Rp 1,7 triliun). Ada anggapan bahwa Madrid akan kesulitan pada musim 2018-2019 setelah Ronaldo pindah.

Memang tak bisa dipungkiri, Ronaldo memberikan kontribusi yang sangat besar. Sejak datang ke Santiago Bernabeu dari Manchester United pada musim panas 2009, dia membawa Madrid sangat dominan dalam ajang Liga Champions karena mereka empat kali menjadi juara, termasuk pada tiga tahun terakhir.

Ronaldo pun muncul sebagai pencetak gol terbanyak di Bernabeu. Total, dia menghasilkan 450 gol dan 131 assist dari 438 laga kompetitif bersama raksasa Liga Spanyol tersebut.

Comments