Taklukkan Laos, Indonesia Buka Kans ke 16 Besar Asian Games 2018

Consadole Sapporo beat Yokohama F Marinos 3-0 in J League

Timnas U-23 Indonesia berhasil mengalahkan timnas U-23 Laos dengan skor 3-0 pada laga penyisihan Grup A Asian Games 2018 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Jumat (17/8/2018).

Gol kemenangan bagi Indonesia dicetak oleh Alberto Goncalves pada menit ke-14, (47), dan Ricky Fajrin (75).

Atas kemenangan ini, Indonesia kini menempati peringkat ketiga pada klasemen sementara Grup A dengan raihan enam poin, hasil dari dua kali menang.

Merah Putih berada di bawah Hong Kong (7 poin) dan Palestina di puncak klasemen (8 poin).

Laga terakhir melawan Hong Kong pada Senin (20/8/2018) akan menjadi penentuan bagi pasukan Luis Milla untuk bisa melaju ke fase berikutnya.

Pada laga melawan Laos, Luis Milla menurunkan skuad terbaik. Alberto Goncalves turun dari menit pertama yang didukung oleh Stefano Lilipaly, Evan Dimas, Febri Hariyadi, dan Saddil Ramdani.

Indonesia membuka keunggulan lewat Beto Goncalves pada menit ke-14. Umpan dari Saddil Ramdani berhasil dimanfaatkan Beto dengan tendangan yang menembus gawang Laos.

Skor pun berubah menjadi 1-0 untuk Indonesia. Berhasil mencetak gol pertama, Indonesia tak menurunkan tensi serangan.

Beberapa kali akselerasi Febri Hariyadi dan Saddil Ramdani di sektor sayap merepotkan barisan pertahanan Laos. Namun, serangan mereka belum efektif menembus gawang lawan.

Setelah itu, hingga peluit babak pertama ditiupkan, skor 1-0 tetap bertahan untuk keunggulan Indonesia.

Pada awal babak kedua, Indonesia berhasil menambah keunggulan kembali lewat Beto. Pemain naturalisasi ini sukses memanfaatkan umpan Lilipaly di dalam kotak penalti.

Tendangan Beto berhasil menembus gawang Laos. Indonesia pun unggul 2-0.

Luis Milla kemudian melakukan pergantian pemain dengan memasukkan Saddil Ramdani dengan Irfan Jaya dan Beto diganti oleh Ilham Udin.

Indonesia kemudian berhasil mencetak gol ketiganya lewat Ricky Fajrin. Ricky berhasil mencatatkan namanya di papan skor setelah menerima umpan dari kapten Hansamu Yama pada menit ke-75.

Setelah itu, hingga waktu normal usai, kedua tim tak mampu untuk mencetak gol dan pertandingan pun berakhir dengan skor 3-0 untuk kemenangan Indonesia.

Susunan pemain timnas Indonesia vs Laos:

Timnas U-23 Laos: 26-Saymanolinh Paseuth; 16-Xayasith Singsavang, 18-Xouxana Sihalath, 24-Aphixay Thanakhanty; 7-Phouttasay Khochalern, 10-Lathasay Lounlasy, 17-Bounphachan Bounkong, 21-Tiny Bounmalay (C), 22-Phithack Kongmathilath, 23-Phouthone Innalay; 9-Soukchinda Natphasouk

Pelatih: Mike Wong

Timnas U-23 Indonesia: 12-Andritany Ardhiyasa; 25-Ricky Fajrin, 16-Hansamu Yama (C), 2-I Putu Gede, 7-Rezaldi Hehanussa; 4-Zulfiandi, 6-Evan Dimas, 17-Saddil Ramdani; 10-Stefano Lilipaly, 13-Febri Haryadi, 9-Alberto Goncalves

Pelatih: Luis Milla

Comments