Valverde merasa aneh Liga Spanyol digelar di luar negeri

Liga Spanyol memiliki rencana menggelar kompetisi domestik di luar negeri. Hal tersebut mengundang komentar pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, yang menilai kebijakan tersebut sangat aneh.

Memang, pada musim 2018-2019 ini akan ada pertandingan yang berlangsung di Amerika Serikat. Tak ayal, hal itu membuat banyak yang bersikap menentang, terutama penggemar dan pelaku sepak bola di Spanyol, termasuk Valverde.

“Ini terdengar aneh bagiku karena memainkan liga domestik di luar negeri,” ucap Valverde kepada wartawan.

“Pada saat yang sama, ini juga terdengar aneh memainkan Piala Super Spanyol di luar negeri dan kami melakukannya…mungkin suatu hari nanti Piala Super Maroko akan berlangsung di Spanyol, tetapi hal tersebut masih aneh.”

Memang, Piala Super Spanyol 2018 berlangsung di Maroko, di mana Stadion Ibn Batouta menjadi tuan rumah saat Barcelona melawan Sevilla. Ini untuk kali pertama sepanjang sejarah, ajang tersebut berlangsung di luar Spanyol.

Menurut Valverde, kebijakan seperti ini telah mengubah sepak bola menjadi bentuk yang lain.

“Bagian sedihnya adalah sepak bola telah melewati batas sebagai olahraga, sepak bola telah menjadi sesuatu yang lain. Kami akan menanti apa yang terjadi karena hingga kini itu masih sebuah ide,” ucap pelatih asal Spanyol tersebut.

Sejauh ini belum ada kepastian soal rencana menggelar Liga Spanyol di luar negeri. Asosiasi sepak bola Spanyol dan FIFA masih akan meratifikasi hal tersebut sebelum membuat jadwal pertandingan.

Comments