Indonesia U23 Lewati Juara Bertahan Piala Asia U23 dan Sejajar dengan Tim Unggulan China U23

Fase penyisihan grup cabang olahraga sepakbola putra Asian Games U23 memang sudah menemui akhirnya. Sebanyak 16 tim yang terdiri dari juara grup runner up dan peringkat tiga terbaik ikut dalam 16 tim yang akan bertarung di babak 16 besar nanti.

Ada catatan menarik sepanjang fase penyisihan grup lalu yang melibatkan tim nasional kebanggaan kita, timnas Indonesia U23 asuhan Luis Milla. Timnas U23 yang diperkuat alumni juara AFF U19 tahun 2013 seperti Evan Dimas, Hansamu Yama dkk ini mencatatkan statistik yang cukup impresif.

Sepanjang laga fase grup, Indonesia berhasil mencetak 11 gol dan kebobolan 3 gol. Jumlah 11 gol ini terbanyak dari tim lainnya yang berlaga di fase grup. Namun Indonesia tak sendirian, ada China U23 yang juga sama-sama mencetak 11 gol di fase grup. Sedangkan juara Piala Asia U23 yaitu Uzbekistan U23 ‘hanya’ mencetak 10 gol saja.

Bedanya, Indonesia cetak 11 gol dari 4 laga sedangkan baik China maupun Uzbekistan hanya melewati 3 laga saja. Ini dikarenakan jumlah peserta grup A berbeda sendiri karena peserta tambahan yaitu Palestina yang daftar terlambat.

Selain itu juga ada perbedan lain yaitu Indonesia kebobolan tiga gol, namun China hanya kebobolan sekali dan Uzbekistan malahan belum kebobolan sepanjang turnamen ini. Meski begitu, timnas U23 kita mesti bangga karena cukup produktif terutama saat bermain di babak kedua.

*Kredit gambar: Goal Indonesia

Comments