Barcelona Bisa Habiskan Dana Lebih Besar dari Real Madrid

Batasan gaji yang ditetapkan oleh LaLiga untuk masing-masing klub di liga Spanyol telah dirilis. Barcelona dapat menghabiskan dana untuk gaji hingga 632,97 juta euro.Sementara Real Madrid dapat menghabiskan hingga 566,53 juta euro.

Ini bukan masalah bagi kedua klub karena mereka memiliki lebih dari cukup dana untuk menutupi biaya upah mereka. Namun yang menarik Los Blancos memiliki angka yang lebih rendah yakni 66,5 juta euro dari Barca.

Angka yang dimiliki Barcelona lebih tinggi untuk pemberian gaji karena mereka telah menyajikan pendapatan yang lebih besar ketimbangReal Madrid. Pendapatan tersebut bersumber dari sponsor seperti Nike. Selain itu adapula pendapatan dari penjualan pemain seperti Paulinho, Lucas Digne, Yerry Mina, Aleix Vidal, Gerard Deulofeu dan Andre Gomes. Transfer Neymar juga masih diperhitungkan dimana Barca menerima 222 juta euro.

Sementara Real Madrid yang mendapatkan 105 juta euro dari penjualan Cristiano Ronaldo langsung menggunakan dana tersebut untuk proyek-proyek masa depan seperti pembangunan stadion.

Selain Barca dan Madrid batasan salary cap yang dikeluarkan LaLiga untuk klub seperti Atletico Madrid  sebesar 293 juta euro. Sedangkan Real Valladolid yang baru dipromosikan memiliki salary cap terkecil sebesar 23 juta euro.

Angka-angka tersebut menunjukkan jumlah maksimum yang dapat digunakan setiap 20 klub La Liga selama kampanye 2018-2019, termasuk pengeluaran untuk pemain tim utama, manajer, asisten manajer, pelatih kebugaran, cadangan, sistem pemuda, dan area lainnya.

La Liga memberlakukan batasan gaji pada tahun 2013. Konsep yang dimasukkan oleh La Liga dalam batas belanja skuad adalah upah tetap dan variabel, kontribusi jaminan sosial, bonus kolektif, biaya akuisisi (termasuk komisi untuk agen) dan amortisasi (biaya transfer pemain dialokasikan setiap tahun berdasarkan pada tahun-tahun pemain itu di bawah kontrak).

Comments