Menunggu Pembuktian Jadon Sancho

Nama Jadon Sancho masuk dalam Skuat Timnas Inggris yang akan dibawa melawan Kroasia serta Spanyol dalam lanjutan UEFA Nations League. Pemanggilan tersebut hanya berselang sehari setelah Borrusia Dortmund memperpanjang kontrak winger mereka tersebut hingga 2022.

Sancho juga menuai banyak pujian termasuk dari Kapten Dortmund, Marco Reus. Euforia Sancho di Dortmund yang identik dengan sepakbola jalanan diapresiasi Reus. Dari statistik, pemain kelahiran London itu bahkan sudah mencetak 8 assist dari 9 penampilannya di semua kompetisi.

“Jika Anda memiliki pesepakbola jalanan seperti Jodan dan Jacob (Brunn Larsen), segalanya akan menyenangkan. Kami senang memiliki mereka dan segala sesuatunya kini berjalan baik,” ujar Reus.

Penampilan Sancho masuk radar Gareth Southgate. Keberanian Sancho bermain diluar Inggris menjadi salah satu alasan mengapa Southgate memasukan namanya dalam skuat The Three Lions. Bagi Southgate, Sancho seolah mendobrak kebiasaan yang ada dengan berani meninggalkan Manchester City demi bermain reguler bersama Die Borussen.

“Dia memiliki kehadiran nyata dengan cara dia bermain dan saya pikir dia dapat memiliki dampak nyata dengan kami,” kata Southgate.

Pemanggilan Sancho menjadi yang paling disorot dari wajah-wajah baru Inggris. Sejauh ini ia sudah mengesankan bersama Dortmund musim ini, dengan tujuh assist dan satu gol di Bundesliga hanya dalam 124 menit penampilannya.

“Ia (Jadon) menjadi starter dalam dua laga Liga Champions untuk Dortmund, dan dia memberi pengaruh sangat besar dari bangku cadangan di liga mereka, jadi itu adalah sebuah keputusan berani yang dibuatnya,untuk pergi dan mencari peluang,” tambah Southgate.

Sancho menjadi pemain pertama yang lahir era tahun 2000 yang dipanggil Southgate. Ia juga menjadi satu-satunya pemain yang berlaga diluar Inggris diantara nama-nama lain yang dipanggil dalam skuat The Three Lions.

Pemanggilan Sancho juga menjadi investasi jangka panjang yang tengah dibangun Southgate usai mengantarkan Inggris ke semifinal Piala Dunia di Rusia lalu.

Dua pemain debutan lainnya yakni Mason Mount,19 tahun dan James Maddison, 21 tahun juga menjadi bagian dari proyek jangka panjang Southgate.

Comments