Sanksi Berat Komisi Disiplin PSSI untuk Arema FC

Kericuhan pasca laga Arema FC saat menjamu rivalnya Persebaya Surabaya pada ajang Liga 1 yang bertajuk Derby Jawa Timur ini menghadirkan sanksi berat untuk klub kebanggan arek Malang tersebut. Padahal saat itu Arema mampu menang tipis 1-0 lewat gol Ahmad Nur Hadianto.

Komdis memberikan sanksi Arema menggelar pertandingan kandang tanpa penonton, serta tak bisa didampingi suporter mereka saat menjalani laga tandang hingga akhir musim kompetisi 2018 karena adanya insiden pengeroyokan dan intimidasi yang dilakukan oleh suporter Arema dengan cara mendekati pemain Persebaya di lapangan.

Pelanggaran lainnya, yakni penyalaan flare (suar) dan pelemparan botol yang dilakukan suporter Arema FC. Atas pelanggaran ini, skuat Singo Edan didenda 100 juta rupiah, seperti dilansir dari laman resmi PSSI. Selain itu juga komdis menghukum dua suporter Arema FC, Yuli Sumpil dan Fandy karena memprovokasi penonton lain dengan cara turun ke lapangan. Keduanya dihukum tidak boleh masuk stadion di wilayah Republik Indonesia seumur hidup.

Insiden ini memang sangat disayangkan mengingat beberapa pekan sebelumnya, Persib dihukum sangat berat harus terusir dari pulau Jawa karena insiden kematian almarhum Haringga Sirila di kawasan stadion dan suporter lainnya seakan tak belajar dari pengalaman-pengalaman sebelumnya.

Comments