Rencana Turnamen Level Ketiga Klub-klub Eropa

Selazimnya, kita cukup mengenal kompetisi antar klub Eropa yaitu UEFA Champions League dan juga UEFA Europa League. Atau di benua Asia, ada AFC Champions League dan juga AFC Cup sebagai level kedua yang diikuti mayoritas negara berperingkat rendah seperti Indonesia dan yang lainnya.

Namun karena desakan beberapa klub-klub di belahan Eropa lain, kompetisi level ketiga antar klub-klub Eropa mungkin akan bergulir lagi di musim kompetisi 2021-22 mendatang. Ini mengingatkan kita saat masih ada kompetisi Piala Intertoto dua dekade silam.

“Kompetisi baru ini dilahirkan berkat dialog berkelanjutan antara kami dengan klub-klub yang tergabung dalam Asosiasi Klub Eropa,” ujar presiden UEFA, Aleksander Ceferin dilansir laman Goal.

Rencananya, proyek kompetisi yang diberi kode UEL2 dan belum menemukan nama resminya ini akan diikuti 32 klub dan bermain di hari kamis layaknya Europa League. Selain itu juga, nanti para peeringkat 3 di fase grup UEL akan bertemu di fase gugur kompetisi baru ini layaknya peringkat 3 fase grup UCL ke Europa League dan jawara dari kompetisi ini akan berhak bermain di Europa League di musim setelahnya.

“Ada tuntutan dari klub-klub untuk meningkatkan peluang mereka berpartisipasi di kompetisi Eropa. Ini adalah pendekatan strategis kami dan sesuai dengan tujuan UEFA untuk membuat kompetisi Eropa yang lebih berkualitas dan lebih inklusif.”

Comments