Matthijs De Ligt, Bek Pertama Peraih Golden Boy Award

Salah satu bek muda tim nasional Belanda yang juga merupakan kapten Ajax Amsterdam, Matthijs De Ligt, resmi menjadi peraih Golden Boy Award tahun 2018. Gelar ini menjadi bukti bahwa ketertarikan klub sebesar Barca dan Bayern kepadanya bukanlah hal isapan jempol belaka.

De Ligt mengalahkan Trent Alexander-Arnold (Liverpool), Vinicius Junior (Real Madrid) dan Patrick Cutrone (AC Milan). Sejak 2003 silam, media Italia Tuttosport memang menjadikan ajang ini sebagai ajang tahunan sebagai apresiasi untuk anak muda U21 yang berkembang pesat dalam dunia sepakbola.

Terpilihnya De Ligt juga menjadi jejak pertanda bahwa akhirnya pemain bertahan (bek) bisa meraih golden boy award ini. Karena sejak 2003 silam, penyerang dan gelandang selalu mendominasi di tiap tahunnya.

Musim ini, De Ligt sudah bermain 27 kali di semua kompetisi (2366 menit) dan berhasil mencetak tiga gol serta satu assist. Ia juga berhasil membawa Ajax lolos ke babak 16 besar Liga Champions Eropa, dan juga membawa Belanda ke semifinal UEFA Nations League beberapa waktu lalu.

Comments