Jose Mourinho: Kepercayaan Diri Manchester United Meningkat di Bawah Solskjaer

Jose Mourinho

Mantan manajer Manchester United Jose Mourinho mngakui bahwa kepercayaan diri Setan Merah terus meningkat sejak dipegang Ole Gunnar Solskjaer. Terakhir pasukan Old Trafford itu sukses menggulung PSG 3-1 dan lolos ke perempat final Liga Champions.

United sebenarnya sangat tidak diunggulkan dalam pertandingan di Paris setelah kalah 0-2 di Old Trafford. Tapi, Romelu Lukaku dkk sukses membuat kejutan dan lolos ke 8 besar untuk pertama kalinya sejak 2014. Jose Mourinho menilai bahwa faktor kepercayaan diri berpengaruh sangat besar dalam tubuh skuat United saat ini.

Solskjaer pun mempertajam catatannya sebagai manajer dengan mencorehkan 10 kemenangan dalam 14 pertandingan. Manchester United dikabarkan akan mengganjarnya dengan posisi manajer permanen.

“Saya pikir, terlepas dari penampilan, hasil Ajax dan Manchester United adalah hasil yang fenomenal – dan jika tanggung jawab untuk hasil buruk adalah untuk para manajer, tanggung jawab untuk hasil-hasil baik juga untuk para manajer,” kata Mourinho di Rusia Today.

“Jadi, bagi saya, (Eric) Ten Hag dari Ajax dan Solskjaer dari Manchester United – hasil yang luar biasa, jadi ini pujian bagi mereka.”

“Saya akan mengatakan, dalam kaitannya dengan Ajax, ini ditentukan oleh perspektif taktis dan juga dengan aspek mental permainan mereka. Manchester United, saya akan mengatakan itu mengenai mentalnya – kepercayaan diri. Jadi bagi saya, hari yang sangat istimewa bagi kedua pria ini.”

Namun Jose Mourinho juga menjelaskan bahwa PSG sebenarnya tampil jauh lebih baik ketimbang United di Paris.

“Ketika Anda pergi ke melihat pertandingan PSG, Anda dapat memilih cara pragmatis, dan mengatakan sepak bola bukan tentang ‘seandainya’, ini tentang hasil,” kata Mourinho.

“Manchester United memiliki empat tembakan selama 95 menit, dan dalam empat tembakan mencetak tiga gol. PSG memiliki hampir 70% penguasaan bola, memiliki lebih dari 10 tembakan, dan mereka hanya mencetak satu gol.”

“Itu cara pragmatis dalam memandang sepakbola. Manchester United mencetak tiga gol, dan mereka layak untuk lolos. Tetapi saya lebih suka masuk ke arah bahwa PSG memiliki hasil yang fenomenal di Old Trafford, dan sebagai tim yang menang 2-0, mereka seharusnya menutup hasilnya di kandang.”

Comments