Legenda Jerman Nilai Ter Stegen Harus Jadi Kiper Utama Timnas

Mantan kapten timnas sekaligus legenda Jerman Lothar Matthaus, baru-baru ini memberikan pandangannya terhadap kondisi kiper timnas Jeman yang dihuni pemain hebat seperti Manuel Neuer dan Marc Andre Ter Stegen.

Khusus bagi Ter Stegen, kiper Barcelona tersebut dianggap lebih layak isi posisi kiper utama timnas Jerman ketimbang sang senior Neuer. Opini dari Matthaus ini tentu beralasan kuat, Ter Stegen memang tampil konsisten di level klub dan Neuer tampil melempem bahkan sempat terlilit cedera.

“Ban kapten (milik Neuer) tidak bisa memutuskan kapan kamu bermain atau duduk di bangku cadangan,” kata Matthaus pada Bild.

“Jika Anda memutuskan dengan prinsip performa di lapang, itu harus berlaku untuk semua orang. Ter Stegen harus memperoleh peluang yang adil karena pencapaian kelas dunianya selama dua tahun terakhir ini,” lanjutnya.

Pada level klub musim ini, Neuer bermain 24 kali dan kebobolan 23 kali di Bundesliga. Ia juga tercatat lakukan cleansheet sebanyak 9 kali.  Sedangkan Ter Stegen di La Liga tampil 28 kali dan kebobolan 27 kali dan 11 kali lakukan cleansheet. Meski begitu, Ter Stegen jauh lakukan lebih baik saat membawa Barca ke perempat final Liga Champions Eropa sedangkan Neuer bersama Bayern tersingker di babak 16 besar.

Timnas Jerman sendiri memainkan pertandingan persahabatan melawan Serbia pada hari Rabu ini dan kemudian memulai kampanye kualifikasi Euro 2020 melawan Belanda di Amsterdam pada hari Minggu mendatang.

Comments