Apa Kabar Piala Afrika 2019? Wah, Sudah Semifinal Ternyata!

Pagelaran Piala Afrika yang biasanya digelar pada bulan Januari (tengah musim di Eropa) akhirnya mulai tahun 2019 ini bergeser ke bulan Juni-Juli alias ke tengah tahun (akhir musim kompetisi Eropa). Ini karena penyesuaian banyaknya bintang Afrika yang bermain di liga top Eropa.

Sialnya, animo Piala Afrika 2019 kurang gaungnya di Indonesia karena tertutup Copa America 2019 dan juga Piala Dunia Wanita 2019. Sampai-sampai, kita tak sadar bahwa kini mereka sudah menjalani babak perempat final dan siap bertarung di semifinal akhir pekan ini.

Empat tim yang lolos ke semifinal adalah Senegal melawan Tunisia, serta Aljazair berhadapan dengan Nigeria yang sama-sama akan berlangsung hari minggu, 14 Juli 2019. Di kubu Senegal ada bintang Liverpool, Sadio Mane, sedangkan di Aljazair ada winger Manchester City, Riyad Mahrez.

View this post on Instagram

πŸ™ŒπŸ™Œ πŸ‡ΈπŸ‡³ πŸ‘Š

A post shared by Sadio Mane (@sadiomaneofficiel) on

Kemana Mohamed Salah? Timnas Mesir dan Salah yang kini jadi tuan rumah harus tersingkir di babak 16 besar oleh Afrika Selatan dengan skor 1-0 kala itu. Setelahnya Afsel kalah dari Nigeria di perempat final. Pantai Gading kalah adu penalti oleh Aljazair di perempat final, dan ada tim kejutan Madagascar di perempat final ini namun kalah dari Tunisia. Sedangkan Senegal sukses tekuk Benin lewat gol Idrissa Gueye.

Sejauh ini, di Piala Afrika 2019 sudah tercipta 91 gol dari 46 laga dari fase grup hingga perempat final dengan rataan 1.98 gol per-laganya. Ada empat nama topskor dengan tiga gol kali ini, yaitu Adam Ounas (Aljazair), Sadio Mane (Senegal), Odion Ighalo (Nigeria) dan Cedric Bakambu (Kongo). Selain Bakambu, tiga pemain lainnya berpeluang tambah golnya di semifinal ini.

Lalu siapa yang akan keluar jadi juaranya? Apakah Sadio Mane dengan Senegal-nya atau Riyad Mahrez dengan Aljazair-nya? Menarik untuk disimak.

Comments