Choirul Huda topik Indonesia terhangat yang dibicarakan di Twitter 2017

Menjelang tutup tahun 2017, FOX Sports Asia menyisir topik olahraga terhangat yang dibicarakan di Twitter.

Indonesia merupakan negara pengguna Twitter terbesar kelima di dunia dengan jumlah mencapai 25 juta akun serta menghasilkan lebih dari 4 milyar kicauan, demikian lansir The Jakarta Globe, Maret lalu. Dari jumlah tersebut, olahraga merupakan salah satu topik yang paling ramai dibahas pengguna Twitter Indonesia. Tak jarang pula topik yang ramai dikicau netizen Indonesia menghiasi trending topic dunia.

Topik olahraga Indonesia terhangat yang dibahas pengguna Twitter sepanjang 2017 adalah insiden Choirul Huda yang tutup usia setelah memperkuat Persela Lamongan pada sebuah pertandingan Liga 1, pertengahan Oktober lalu. Kicauan yang dipos Persela merupakan posting yang paling banyak diretweet tahun ini. Bahkan mengundang reaksi dari Paul Pogba dan FIFA.

Sepak bola merupakan olahraga paling digemari masyarakat Indonesia. Tidak heran jika tagar yang paling ramai sepanjang 2017 berkaitan erat dengan si kulit bulat. Tiga tagar olahraga paling hangat sepanjang 2017 adalah #PersibDay, #PersijaDay, dan #TimnasDay. Sudah bisa ditebak, ketiganya merupakan tagar yang dikicau fans setiap kali Persib Bandung, Persija Jakarta, dan timnas Indonesia bertanding.

Untuk kategori atlet, almarhum Choirul Huda kembali menjadi figur yang paling banyak dibicarakan pada 2017. Dua pasangan emas bulu tangkis Indonesia, Liliyana Natsir dan Tontowi Ahmad, menempati peringkat kedua dan ketiga. Mereka disusul oleh Bambang Pamungkas dan Jonatan Christie.

Daftar sepuluh besar didominasi para pesepakbola. Enam nama masuk ke dalam daftar tersebut. Selain Huda dan Bambang, ada pula berturut-turut Evan Dimas, Kim Kurniawan, Egy Maulana Vikri, dan Irfan Bachdim.

Satu-satunya nama non-pesepakbola dan non-pebulutangkis adalah pebalap F1, Rio Haryanto.

Comments