Malaysia dapatkan spot otomatis Liga Champions Asia 2019

Konfederasi sepak bola Asia (AFC) menyatakan Malaysia akan memperoleh satu tempat kualifikasi otomatis di Liga Champions Asia 2019.

ACL membagi zona wilayah menjadi Barat dan Timur. Jika dihitung keseluruhan, Malaysia menempati peringkat ke-13 pada ranking Asosiasi Anggota AFC. Sementara itu, Asia Tenggara termasuk ke dalam wilayah Timur dan Malaysia menempati peringkat keenam. Itu sudah cukup memberikan Malaysia satu tempat langsung di fase grup ACL 2019 dan satu lainnya di putaran play-off.

Saat ini, Liga Super Malaysia hanya memperoleh satu tempat play-off. Johor Darul Takzim, yang menjadi wakil negeri jiran itu, akan mengikuti putaran penyisihan babak kedua ACL. Jalan mereka masih panjang mencapai fase grup.

JDT harus mampu mengalahkan wakil Thailand, Muangthong United, dan jika berhasil akan menghadapi wakil Jepang. Setidaknya jatah otomatis memberikan dorongan tersendiri bagi klub-klub Liga Super Malaysia untuk menjadi yang terbaik.

Naiknya posisi Malaysia menyebabkan Hong Kong kehilangan jatah otomatis setelah mereka turun ke peringkat ketujuh Wilayah Timur dengan selisih 0,266 poin. South China merupakan wakil Hong Kong yang tampil di ACL musim ini, sedangkan Kitchee akan mengisi spot tersebut musim depan. Kitchee berada satu grup dengan juara Korea Selatan, Jeonbuk Hyundai Motors, serta tergabung bersama dua pemenang babak play-off.

 

Comments