Januari 2018, Timnas Indonesia ladeni Islandia

Timnas Indonesia dipastikan menjamu wakil Eropa di Piala Dunia 2018 itu, pada Januari tahun depan.

Setelah rumornya berkembang dalam dua bulan terakhir, PSSI akhirnya memastikan bahwa Timnas Indonesia akan beruji coba dengan tim elite Eropa, Islandia, pada Januari 2018 esok.

Seperti dilansir Goal, perempat-finalis Euro 2016 itu dikonfirmasi bakal melakukan kunjungan ke Indonesia untuk lakoni dua pertandingan di tanggal 11 dan 14 Januari 2018.

Pada pertandingan pertama Islandia dijadwalkan menghadapi tim Indonesia Selection, yang berisi para pemain terbaik dari Liga 1 Indonesia musim lalu termasuk para pemain asing. Barulah di partai kedua, tim berujuluk Strákarnir okkar itu meladeni Timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

“2018 merupakan tahun yang cukup agresif buat PSSI, ada banyak event level Asia dan ASEAN yang bakal kami laksanakan. Kami akan langsung start pada 11 dan 14 Januari dengan hadapi Islandia,” tutur deputi sekretaris jenderal PSSI Bidang Pengembangan Bisnis dan Marketing, Marsal Masita.

“Di luar dari 2×90 menit yang akan kami mainkan bersama Islandia, esensi tetap kita hadirkan di mana kami akan mengajak tim Islandia sharing tentang sepakbola. Salah satu sesi yang akan kami buat adalah workshop dengan pelatih hingga pengembangan manajemen klub dan liga,” pungkasnya.

Promotor pertandingan, yakni Lars Heidereich dari MediaPro, memandang partai ini sebagai simbiosis mutualisme untuk kedua tim. Dia menyebut jika Indonesia bisa mengambil keuntungan sebagai persiapan ke Asian Games 2018, sementara Islandia untuk persiapan tampil di Piala Dunia 2018.

“Indonesia merupakan salah satu pasar sepakbola yang besar di dunia dan punya antusiasme suporter yang luar biasa. Laga ini jadi simbiosis untuk Indonesia yang akan mentas di Asian Games 2018 dan juga Islandia yang bermain di Piala Dunia — mereka bisa ke Rusia dengan melewati partai kompetitif melawan Kroasia hingga Belanda,” ujar Heidereich.

Sayangnya pertandingan ini belum dipastikan bakal masuk perhitungan poin FIFA, lantaran dilangsungkan di luar kalender FIFA. Meski begitu, PSSI akan berusaha melobi AFC serta FIFA sebagai bahan pertimbangan perhitungan poin.

Dua tahun terakhir Islandia memang cukup fenomenal di pentas sepakbola dunia. Mereka dipandang sebagai “Kuda Hitam Benua Biru”. Gylfi Sigurdsson cs mampu menembus babak perempat-final Piala Eropa 2016, dengan mengalahkan Inggris dalam prosesnya.

Hegemoni sepakbola Islandia lantas berlanjut, dengan keberhasilan mereka lolos ke Piala Dunia untuk kali perdana di Rusia tahun depan. Skuat asuhan Heimir Hallgrímsson tergabung dalam Grup D bersama Argentina, Nigeria dan Kroasia.

 

Comments