Indonesia menang besar atas Brunei

Tim nasional Indonesia berhasil mengatasi perlawanan Brunei Darussalam dalam laga pembuka Aceh World Solidarity Cup 2017, Sabtu (2/12), di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh.

Hujan deras tak menghalangi semangat tim Merah Putih pada turnamen yang dijadikan Luis Milla sebagai pemanasan jelang Asian Games 2018 mendatang. Indonesia berhasil menciptakan peluang di menit 10 melalui Ilija Spasojevic. Sayang, setelah melewati dua pemain Brunei, sepakannya hanya mengarah tepat ke penjaga gawang Haimie Anak Nyaring.

Hansamu Yama kembali mengancam gawang Haimie lewat tandukan kepalanya yang masih sedikit melenceng di menit 12. Tak butuh waktu lama bagi Garuda Muda untuk unggul di tengah lapangan yang licin. Berawal dari sepak pojok yang diambil Septian David Maulana, dua menit kemudian, Hansamu berhasil menceploskan bola hasil kemelut di depan gawang Brunei.

Indonesia menggandakan kedudukan di menit 25 melalui Septian David. Kali ini, Septian David berhasil mencetak gol melalui tendangan bebas jarak jauh. Bola hasil tendangannya memantul ke tanah dan mengecoh Haimie di sisi kanan gawang Brunei. Lima menit sebelum turun minum, Febri Hariyadi hampir saja mencetak angka. Sayang, sepakannya hasil umpan Septian David hanya mengarah ke penjaga gawang dan berhasil diamankan.

Praktis babak pertama menjadi milik Indonesia. Serangan anak asuh Stephen Ng Heng Seng yang dikawal Razimie Ramlli dan Abdul Azizi ini tak membahayakan gawang Andritany Ardhiyasa.

Di 15 menit awal babak kedua, Brunei berhasil mengancam gawang Indonesia. Sayang, sundulan Abdul Azizi hanya tipis saja di atas gawang Andritany. Indonesia kembali menggetarkan jala Brunei lewat gol yang dicetak Dian Fachruddin. Berawal dari situasi tendangan bebas yang diambil Spasojevic, bola memantul pagar hidup. Oleh Ilham Udin Armayn, bola mentah itu diarahkan kepada Putu Gede Juniantara di sisi kanan penyerangan. Kemudian Putu Gede meneruskan bola ke kotak pinalti. Fachruddin menyambut umpan itu dengan sundulan tajam ke arah gawang.

Yabes Roni menutup kemenangan besar Indonesia atas Brunei satu menit sebelum waktu normal habis. Berawal dari umpan lambung dari tengah lapangan, bola yang mengarah pada Ilham Udin kemudian ia teruskan ke tengah kotak pinalti. Hanif Sjahbandi telah menunggu dan meneruskan bola itu dengan kepalanya pada Yabes yang langsung mencetak gol dengan kaki kanannya.

Dengan kemenangan 4-0 ini, Indonesia sementara berada di puncak klasemen. Indonesia unggul gol atas Kyrgyzstan yang menang 3-0 saat melawan Mongolia.

Comments