Kamboja Dibantai Iran 14-0 dan Momen Spesial Suporter Wanita di Tribun Stadion Azadi

FOXSPORTS.CO.ID – Sejarah sepakbola Kamboja harus menuliskan hal kelam lagi. Pada laga Kualifikasi Piala Asia 2022 kemarin (10/10), timnas Kamboja yang bertandang ke Iran harus menanggung malu karena kalah besar 14-0 dari tim tuan rumah.

Iran masing-masing cetak tujuh gol di tiap babaknya dan akhirnya menyudahi dengan skor gila tersebut tanpa bisa membalas sekalipun. Sebelumnya, keklahan memalukan Kamboja adalah 10-0 saat digasak oleh… timnas Indonesia. Ini serius.

Selain skor besar 14-0 kemarin, ada momen bersejarah juga bagi sepakbola Iran yaitu kedatangan perempuan di tribun stadion mereka. Percaya atau tidak, pemerintah Iran sebelumnya melarang supoter wanita untuk datang mendukung tim kesayangannya.

Mengutip dari Bolacom, sejak revolusi Iran 1979, ada aturan wanita dilarang nonton pertandingan sepakbola di stadion. Peraturan tersebut efektif berlaku sejak 1981 atau sudah berlangsung selama 38 tahun. Setelah bertahun-tahun dikritik, pemerintah Iran akhirnya melunak.

Akhirnya momen bersejarah itu hadir di laga Iran vs Kamboja dan bahkan ada tiket khusus untuk wanita yang dijual sebanyak 3.500 lembar, dari total kapasitas 78.000 tempat duduk di stadion Azadi. Sudah menang 14-0, kini wanita juga bebas mendukung dan bersorak di tribun.

Luar biasa Iran!

 

Comments