UEA dan Palestina ikut, AFC minta undian cabor sepak bola diulang

Asian Games

Konfederasi Sepak Bola Asia, AFC, meminta Indonesia selaku tuan rumah Asian Games 2018 melakukan pengundian ulang cabang olahraga (cabor) sepak bola putra. Dikutip dari Bangkok Post, AFC telah memberikan konfirmasi kepada seluruh anggotanya yang ikut Asian Games 2018 mengenai hal tersebut.

“Pengundian ulang dari cabang sepak bola putra akan dilakukan pada Senin (depan) di Jakarta,” demikian tulis AFC.

Sebenarnya, pengundian seluruh cabang beregu telah dilakukan pada 5 Juli 2018 di Jakarta. Namun panitia tidak memasukkan Palestina dan Uni Emirat Arab (UEA) karena menurut situs Vietnam, Zing, dua negara itu tidak menyerahkan aplikasi keikutsertaan melalui email seperti diminta panitia pelaksana.

Ternyata, UEA dan Palestina menyerahkan aplikasi melalui surat resmi dan mereka merasa yakin tidak menyalahi aturan.

Dengan demikian, jumlah peserta cabang sepak bola putra Asian Games 2018 menjadi 26 negara. Imbasnya, konstelasi pembagian status unggulan pun ikut berubah.

Pada undian sebelumnya ketika masih terdiri dari 24 peserta, ada empat pembagian pot unggulan dengan masing-masing berisi enam negara. Dengan demikian, satu grup akan dihuni satu negara dari unggulan pertama, kedua, ketiga dan keempat.

Dari hasil undian pertama, Indonesia sudah langsung ditempatkan di Grup A. Mereka satu grup dengan Hong Kong, Laos dan Taiwan.

Kini, setelah diikuti 26 negara, ada kemungkinan mereka dipecah menjadi 8 grup. Akan ada dua grup terdiri atas empat negara dan enam lainnya cuma berisikan tiga negara.

Comments