Indonesia libas Taiwan 4-0 dalam laga perdana Asian Games

Awal yang bagus bagi Timnas U-23 Indonesia dalam ajang Asian Games 2018. Pasukan Luis Milla menang 4-0 atas Taiwan dalam laga perdana penyisihan Grup A di Stadion Patriot Chandrabhaga, Minggu (12/8/2018).

Stefano Lilipaly menjadi bintang lapangan karena mencetak dua gol dan membuat satu assist. Dua gol yang lain dihasilkan Alberto “Beto” Goncalves dan M Hargianto.

Hasil ini membawa Indonesia untuk sementara menempati peringkat kedua klasemen sementara dengan raihan tiga poin. Mereka menggeser Hong Kong yang kalah selisih gol, setelah kemarin menang 3-1 atas Laos.

Posisi teratas ditempati Palestina, yang mengumpulkan empat poin hasil dari satu kemenangan atas Laos dan satu kali imbang (lawan Taiwan). Sementara itu Taiwan turun ke peringkat keempat dengan koleksi satu poin dari dua laga.

 

Sejak peluit kick-off berbunyi, Indonesia langsung tampil agresif. Sejumlah peluang berhasil diraih tetapi gagal berbuah gol sehingga skor 0-0 saat turun minum.

Padahal, statistik sepanjang paruh pertama sangat menjanjikan. Bukan cuma ball possession yang mencapai 60 persen, Indonesia pun menghasilkan 10 tembakan dan hanya 3 di antaranya yang tepat sasaran.

Pada awal babak kedua, Indonesia kembali mendapatkan peluang melalui Beto, tetapi tendangannya masih bisa ditangkap kiper Taiwan.

Kebuntuan pasukan Merah-putih terpecahkan pada menit ke-67. Melalui skema bola mati di sisi kiri pertahanan Taiwan, Febri Hariyani mengirimkan umpan lambung ke arah tiang dekat dan Lilipaly yang lolos dari kerumunan pemain lawan bisa memasukkan bola dengan sundulan.

Tiga menit berselang, Indonesia menggandakan keunggulan. Kali ini Beto mencetak gol setelah menerima umpan Lilipaly di dalam kotak penalti. Beto dengan mudah menaklukkan kiper Pan Wenchieh dengan tendangan mendatar.

Enam menit kemudian, Indonesia menjauh karena unggul 3-0. Kali ini Lilipaly melakukan aksi spektakuler dengan melepaskan tendangan salto dari dalam kotak penalti saat menerima umpan silang Rezaldi Hehanussa dari sayap kiri.

Pada masa injury time, giliran Hargianto yang melengkapi kemenangan Indonesia. Dia mencetak gol lewat tendangan mendatar jarak jauh.

Susunan pemain Indonesia vs Taiwan:

Indonesia: 12-Andrytany Ardhiyasa; 2-I Putu Gede A, 16-Hansamu Yama, 15-Ricky Fajrin, 7-Rezaldi Hehanussa; 4-Zulfiandi, 6-Evan Dimas Darmono; 18-Irfan Jaya (17-Saddil Ramdani 61′), 13-Febri Hariyadi, 10-Stefano Lilipaly; 9-Alberto Goncalves (8-Hargianto 83′)

Pelatih: Luis Milla

Taiwan: 1-Pan Wenchieh; 2-Ruei Wang, 5-Hsiangche Huang, 17-Hungchih HSU, 3-Tingyang Chen; 16-Mingshiu Chao, 20-Shaochieh TU; 7-Chiahuang YU, 13-Hungwei Chen, 10-Chaoan Chen; 9-Hsiangwei LEE

Pelatih: Wushung Pen

Comments