Kalahkan Hong Kong 3-1, Indonesia juara Grup A

Highlights – Shanghai SIPG vs Ulsan Hyundai

Tim nasional U-23 Indonesia menaklukkan timnas U-23 Hong Kong dengan skor 3-1 pada laga pamungkas penyisihan Grup A Asian Games 2018 di Stadion Patriot Candrabhaga, Senin (20/8/2018). Ini membuat Indonesia lolos ke babak 16 besar dengan status juara grup.

Donasi tiga poin ini membuat Indonesia mengumpulkan total sembilan poin dari empat laga yang dilakoni. Mereka unggul satu angka atas Palestina di urutan kedua dan Hong Kong ada di urutan ketiga dengan koleksi tujuh angka.

Selanjutnya, Indonesia bertemu peringkat ketiga Grup C, Uni Emirat Arab. Pertandingan pada 24 Agustus ini akan memperebutkan tiket ke babak perempat final.

Sementara itu Hong Kong akan bertemu lawan sangat berat. Mereka akan menantang juara Grup B, Uzbekista. Sedangkan Palestina melawan runner-up Grup C, Suriah.

Bermain di hadapan puluhan ribu suporter, Indonesia sempat dikejutkan oleh gol Hok Ming Lau pada menit ke-38. Sang kapten lepas dari kawalan Hansamu Yama dan dengan mudah menceploskan bola setelah menerima umpan silang. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Pada paruh kedua, Indonesia langsung bermain menyerang. Hanya perlu satu menit setelah sepak mula bagi pasukan Luis Milla untuk mencetak gol penyama melalui aksi Irfan Jaya.

Sang penyerang tidak menyia-nyiakan umpan terobosan Stefano Lilipaly. Dengan kecepatannya, Irfan Jaya menggiring bola ke dalam kotak penalti sebelum melepaskan tembakan dengan kaki kanan. Kiper Hong Kong, Ho Chun Yuen, tak kuasa membendung laju si kulit bulat.

Setelah itu, Indonesia kian dominan sehingga bisa mencetak gol kedua pada menit ke-85. Kali ini Lilipaly yang mengoyak jala lawan setelah menerima umpan Alberto “Beto” Goncalves. Lilipaly lebih dulu melewati satu pemain belakang Hong Kong sebelum memperdaya kiper.

Saat injury time, Hanif Syahabndi, yang masuk menggantikan Beto, menambah keunggulan Indonesia menjadi 3-1 hasil. Kali ini dia memanfaatkan umpan silang Lilipaly dari sayap kanan.

Susunan pemain Indonesia vs Hong Kong:

Indonesia: 12-Andritany Ardhiyasa, 2-Putu Gede Juni, 15-Ricky Fajrin Saputra, 16-Hansamu Yama (C), 7-M.Rezaldi Hehanussa; 6-Evan Dimas Darmono, 4-Zulfiandi, 10-Stefano Lilipaly, 13-Febri Hariyadi (14-Septian David 80′), 18-Irfan Jaya (17-Saddil Ramdani 60′); 9-Alberto Goncalves da Costa (19-Hanif Syahabandi)

Pelatih: Luis Milla

Hong Kong: 1-Ho Chun Yuen, 3-Wang Kit Tsui, 4-Hok Ming, 5-Vasudeva Das, 6-Chun Lok, 9-Wai Keung Chung, 10-Ka Wai Lam, 11-Matthewelliot Kai, 12-Chun Ming, 16-Hin Ting Lam, 17-Hiu Chung Law

Pelatih: Kar Lok Kenneth Kwok

Comments