Son Heung Min dan Korea Selatan U23 Bekuk Jepang U23 di Final Asian Games 2018

Pertemuan dua powerhouse atau kekuatan besar Asia terjadi di laga final cabang olahraga sepakbola putra Asian Games tahun 2018 ini. Pertarungan antara Korea Selatan U23 melawan Jepang U23 menjadi laga puncak yang dihelat di stadion Pakansari, Kabupaten Bogor.

Korea Selatan menurunkan kekuatan terbaiknya dengan memasang Joo Hyeon Woo, Hwang Ui Jo dan snag superstar Son Heung Min sedari awal. Tujuannya jelas, Korsel berambisi unggul dan meraup medali emas kali ini. Jepang sendiri menurunkan penyerang andalannya Ueda Ayase sedari awal.

Laga ini berjalan ketat, sedari awal Korea Selatan bernafsu mencari gol cepat lewat sang top skor Asian GAmes, Hwang Ui Jo. Namun sayangnya Jepang memang cukup ketat dalam menggalang pertahannya sepanjang laga. Tatsuta Yugo adalah aktor dari rapatnya pertahanan tim samurai biru ini.

Dominasi penguasaan bola Korsel yang tinggi hingga 60 persen lebih di waktu normal menjadi salah satu alasan mengapa Jepang menerapkan pertahanan yang cukup dalam. Tak mengherankan, babak pertama dan kedua waktu normal berakhir tanpa gol 0-0.

Masuk ke babak tambahan, Lee Seung Woo, salah satu wonderkid jebolan La Masia milik Korsel akhirnya memecah kebuntuan lewat sepakan kerasnya di menit 93. Golnya tersebut disusul oleh Hwang Hee Chan di menit 101. Korsel unggul 2-0 sampai akhirnya Ueda Ayase memperkecil skor lewat sundulannya di menit 115. Usaha Jepang yang telat menjebol gawang Korsel akhirnya sia-sia dan skor tetap bertahan 2-1 untuk keunggulan Korea Selatan. Hasil ini juga menyelamatkan Son Heung Min dkk dari kewajiban militer selama kurang lebih dua tahun.

Comments