Inilah 24 tim peserta Piala Asia 2019

Butuh tiga tahun periode kualifikasi hingga akhirnya susunan lengkap 24 tim peserta Piala Asia 2019 dapat dipastikan, Selasa (27/3) malam.

Kualifikasi dimulai 12 Maret 2015 ketika 12 tim mengikuti babak pertama penyisihan hingga memasuki babak kedua, babak play-off, dan akhirnya putaran ketiga serta keempat. Kualifikasi Piala Asia 2019 juga dirangkap dengan kualifikasi Piala Dunia 2018. Akibatnya, sistem terasa lebih kompleks jika dibandingkan penyelenggaraan edisi-edisi sebelumnya.

Berikut FOX Sports Asia menyajikan 24 tim peserta turnamen:

Tuan rumah: Uni Emirat Arab (1)

Sebagai tuan rumah, UEA sudah dipastikan mengikuti Piala Asia meski mereka tetap menjalani putaran kualifikasi Piala Dunia — lolos hingga putaran ketiga. UEA gagal mewujudkan impian tampil lagi di Piala Dunia, tetapi setidaknya mereka kini dapat mengincar trofi juara saat Piala Asia digelar awal tahun depan.

 

Juara grup Putaran Kedua: Arab Saudi, Australia, Qatar, Iran, Jepang, Thailand, Korea Selatan, Uzbekistan (8)

Selain lolos ke putaran ketiga Piala Dunia, delapan juara grup putaran kedua kualifikasi dipastikan mendapat tiket ke UEA 2019. Putaran kedua berlangsung Juni 2015 hingga Maret 2016. Arab Saudi, Australia, Qatar, Iran, Jepang, Thailand, Korea Selatan, dan Uzbekistan menjadi yang terbaik di grupnya masing-masing.

 

Runner-up terbaik Putaran Kedua: Irak, Suriah, China (3)

Empat runner-up terbaik di putaran kedua juga melangkah ke putaran ketiga dan tiket Piala Asia. Salah satunya adalah tuan rumah UEA, yang sudah lolos otomatis sebagai tuan rumah. Tiga tim runner-up lain adalah Irak, Suriah, dan China. Empat runner-up terbawah mesti mengikuti putaran berikutnya kualifikasi Piala Asia.

 

Juara dan runner-up Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Asia: India, Kyrgyzstan, Lebanon, Korea Utara, Yordania, Vietnam, Oman, Palestina, Bahrain, Turkmenistan, Filipina, Yaman (12)

Putaran ketiga kualifikasi Piala Asia memperebutkan 12 tiket tersisa. Para negara peserta dibagi ke dalam enam grup, juara dan runner-up otomatis langsung melangkah ke UEA 2019.

Pada akhirnya, mereka yang berhasil adalah India dan Kyrgyzstan (Grup A), Lebanon dan Korea Utara (Grup B), Yordania and Vietnam (Grup C), Oman dan Palestina (Grup D), Bahrain dan Turkmenistan (Grup E), serta Filipina dan Yaman (Grup F).

Comments