Lolos Piala Asia 2019, Filipina rayakan “sukses terbesar dalam sejarah”

Filipina melengkapi salah satu dari 24 tim peserta Piala Asia 2019 setelah meraih kemenangan 2-1 atas Tajikistan di Stadion Rizal Memorial, Manila, Selasa (27/3) malam.

Hanya hasil imbang yang dibutuhkan The Azkals, tetapi akhirnya kemenangan mampu diraih meski sempat tertinggal lebih dahulu melalui gol Akhtam Nazarov pada menit ke-64.

Kevin Ingreso menyamakan kedudukan sepuluh menit berselang. Saat injury time babak kedua, Phil Younghusband memuluskan jalan FIlipina berkat gol hasil eksekusi penalti. Gol itu sekaligus membawa sang kapten telah mengumpulkan 50 gol untuk Filipina.

“Kami baru menyadarinya usai pertandingan, tapi ini lah sejarah terbesar dalam sepak bola Filipina,” cetus pelatih Thomas Dooley.

“Kemenangan ini membuktikan spirit masyarakat Filipina, semangat juang yang mereka miliki. Meski tertinggal, kami mampu membalas dan saya rasa kami mampu membuktikannya hari ini.”

Filipina menjadi satu dari tiga wakil Asia Tenggara di turnamen nanti. Dua negara lain adalah Thailand dan Vietnam. Piala Asia 2019 digelar di Uni Emirat Arab tahun depan. Undian grup akan dilaksanakan di Dubai, 5 Mei mendatang.

 

Kredit foto: PFF

Comments