Baru laga perdana, Iwan Setiawan dipecat Borneo FC

Nasib naas harus diterima pelatih Iwan Setiawan pasca memimpin timnya di laga perdana Liga 1 Indonesia melawan Sriwijaya FC, Minggu (25/03) lalu. Pasalnya, ia resmi dipecat klub berjuluk Pesut Etam itu.

Pasca hasil seri yang didapat Borneo FC di pekan pertama Liga 1 melawan Sriwijaya FC, manajemen Borneo FC harus bergerak cepat mencari pelatih pengganti setelah memecat Iwan Setiawan. Pemecatan itu diumumkan klub pada Selasa (27/03) ini.

Perseturuan dimulai ketika pertandingan usai dan kedudukan berakhir dengan skor imbang 0-0. Suporter dari tribun timur yang tak puas dengan hasil itu lantas menghujat permainan yang ditunjukkan Lerby Eliandri, dkk. Suporter lantas meneriaki Iwan agar dirinya mundur dari kursi kepelatihan, “Iwan Out! Iwan Out!”

Iwan lantas merespons teriakan itu dengan mendatangi kerumunan suporter dan menunjukkan gestur yang kemudian memancing kemarahan suporter.

Setelah dilakukan rapat koordinasi antara manajemen Borneo FC dan Iwan, akhirnya disepakati bahwa Pesut Etam tidak akan menggunakan jasa pelatih yang memiliki lisensi A AFC untuk musim kompetisi 2018.

Sementara itu, Presiden Borneo FC, Nabil Husein mengaku kecewa dengan perseturuan yang berujung dengan pemecatan sang pelatih. “Sejujur nya ini berat buat saya, karena kedekatan saya dengan Coach Iwan (Setiawan) sangat luar biasa. Tapi di sisi lain saya tidak bisa juga kehilangan pendukung dan masyarakat.”

“Karena saat ini saya sedang berjuang agar masyarakat bisa mencintai klub ini dengan tulus. Sehingga keputusan yang sangat berat harus saya ambil, demi Borneo FC ke depannya,” ujarnya seperti dikutip dari laman resmi klub.

Iwan sendiri juga menilai perilaku fans juga tidak adil karena menghujat dirinya saat tim hanya mendapatkan hasil imbang. “Atas hasil ini sebenarnya suporter sadar akan hal ini mestinya bersyukur. Bukan berarti saya tidak mau dihujat. Tapi berpikir obyektif. Ini sepak bola,” ujar Iwan pasca pertandingan.

Untuk sementara waktu, kursi kepelatihan akan diampu oleh asisten pelatih, Ahmad Amiruddin. Nama-nama seperti Dejan Antonic, Jaino Matos, dan Alfred Riedl digadang akan menjadi pelatih Borneo FC menggantikan Iwan.

Comments