Thailand XI terbaik menurut Teeratep Winothai

Kelvin Leong

Striker senior asal Thailand, Teeratep Winothai memberikan daftar XI pemain terbaik The War Elephants. Dalam daftar itu, terdapat beberapa nama pemain legendaris seperti Sutee Suksomsit, Dusit Chalermsan, dan Therdsak Chaiman.

Teeratep Winothai, penyerang yang pernah menimba ilmu di Crystal Palace dan Everton mengumumkan skuat terbaik timnas Thailand sepanjang waktu. Sempat gagal menembus skuat utama, dirinya kembali ke negara asal dan menjadi salah satu striker yang menakutkan di kawasan Asia Tenggara.

Winothai atau akrab disapa Leesaw kini membela Bangkok United yang bermain di kasta tertinggi Liga Thailand. Sebelumnya, ia juga pernah berkarier bersama BEC Tero Sasana, Bangkok Glass, dan Muangthong United. Leesaw berhasil mempersembahkan gelar juara liga kepada Muangthong di tahun 2009 lalu.

Sementara bersama timnas Gajah Putih, Winothai mengemas 52 penampilan dan mencatatkan 16 gol di kompetisi resmi saat ia juga berproses bersama dua legenda lainnya, Kiatisuk Senamuang dan Suree Sukha.

Tim nasional Thailand mengalami keterpurukan beberapa tahun ini dengan gagalnya menjuarai Piala AFF beberapa edisi yang lalu. Kini, dengan darah muda yang banyak di skuat senior mereka sedang mengincar juara Piala Asia 2019. Thailand sendiri bakal dipastikan tampil di gelarang terakbar sepak bola Asia itu setelah lolos dari grup F babak kualifikasi.

Thailand juga akan menggunakan King’s Cup edisi ke-46 sebagai salah satu persiapan jelang Piala AFF 2018 dan Piala Asia 2019. Mereka akan menghadapi tim kuat Slovakia, Uni Emirate Arab, dan Gabon pada 22 Maret-25 Maret mendatang.

Bintang lama seperti Chanathip Songkrasin dan Teerasil Dangda diharapkan mampu membawa anak-anak muda itu tampil baik di dua gelaran depan. Sementara itu, Teeratep sedikit kesusahan untuk memasukkan 11 pemain terbaik versi dirinya.

“Ada banyak yang terbaik, pemain terbaik yang kukagumi dalam permainannya selama karierku,” ujar Teeratep. “Akan membuatku tidak tertidur beberapa malam untuk memilih sebelas pemain, tetapi percayalah aku mengotak-atiknya beberapa kali.”

Thailand XI versi Teeratep Winothai

Pelatih: Attaphol Buspakom

Kiper: Sinthaweechai Hathairattanakool

Bek: Natee Thongsukkaew, Dusit Chalermsan, Nirut Suraseang, Rungroj Sawangsri

Gelandang: Datsakorn Thonglao, Therdsak Chaiman, Totchtawan Sripan, Sutee Suksomkit

Penyerang: Teerasil Dangda, Teeratep Winothai

Comments