Kalah dari Australia, Indonesia gagal ke Piala Dunia U-17

Timnas U-16 Indonesia gagal melangkah ke semifinal Piala Asia U-16 2018. Langkah tim besutan Fakhri Husaini ini dijegal timnas U-16 Australia yang menang 3-2 dalam pertandingan babak perempat final di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Senin (1/10/2018).

Hasil ini juga memupus asa Indonesia tampil dalam Piala Dunia U-17 2019. Padahal, mereka tinggal membutuhkan satu langkah lagi untuk membuat sejarah karena jika lolos ke semifinal, tiket Piala Dunia U-17 berada di genggaman.

Dengan demikian, Australia yang berhak lolos ke Piala Dunia U-17. Mereka mengikuti jejak Jepang dan Tajikistan yang sudah lebih dulu meraih tiket tersebut.

Dua gol Indonesia dicetak Sutan Diego Armando Zico dan Rendy Juliansyah. Sementara itu tiga gol Australia merupakan hasil lesakkan Daniel Walsh, Adam Leombruno dan Noah Botic.

Indonesia sempat membuat kejutan karena unggul terlebih dahulu pada babak pertama. Sutan Zico membobol gawang Australia pada menit ke-17 setelah melepaskan tendangan dengan kaki kiri ke pojok kiri bawah yang tak mampu dijangkau Adam Pavlesic.

Pada babak kedua, Australia meningkatkan intensitas serangan. Mereka menyamakan skor lewat sundulan Walsh pada menit ke-51 sebelum Adam Leombruno membawa Australia balik memimpin pada menit ke-65, disusul gol Noah Botic pada menit ke-74.

Satu menit menjelang pertandingan usai, Indonesia mencetak satu gol balasan lewat aksi Rendy Juliansyah. Sayang, ini gol terakhir laga tersebut sehingga Indonesia harus menerima kenyataan kalah 2-3.

Susunan pemain:

Timnas U-16 Indonesia (4-3-3): Ernando Ari; Komang Teguh Trisnada, Fadillah Nur Rahman, Mochamad Yudha Ferbian, Amiruddin Bagas Kaffa Arrizqi; David Maulana, Brylian Aldama, Andre Oktaviansyah; Sutan Diego Armando Zico, Mohammad Supriadi, Amiruddin Bagus Kahfi Alfikri

Pelatih: Fakhri Husaini

Timnas U-16 Australia (4-4-2): Adam Pavlesic; Jordan Courtney-Perkins, Adam Leombruno, Jordan Bos, Tom Lambirs; Daniel Walsh, Ryan Teague, Birkan Kirdar, Luke Duzel; Joseph Roddy, Noah Botic

Pelatih: Thevor Morgan

Comments