Borussia Dortmund yang Terus Memantau Potensi Sepakbola ASEAN

AFC Cup: Abahani Limited Dhaka’s Nabib Newaj Jibon scores lovely flicked goal

oleh: Gabriel Tan

Borussia Dortmund akan terus memantau ke arah Asia Tenggara sebagai wilayah “potensi yang belum dimanfaatkan” setelah baru-baru ini menyelesaikan kemitraan dengan klub raksasa Thailand, Buriram United.

Dortmund, salah satu klub terbesar tidak hanya di Bundesliga Jerman tetapi di seluruh Eropa, telah lama dipuji karena kemampuan mereka untuk mengembangkan dan memelihara potensi pemain muda di antara klub sepakbola kelas dunia.

Mario Gotze dan Shinji Kagawa hanyalah beberapa dari bintang mereka saat ini yang telah menghabiskan masa krusial dari tahun-tahun awal mereka di Signal Iduna Park sebelum mencapai banyak hal, sementara Christian Pulisic – yang telah menyegel € 64 juta kepindahan ke Chelsea – dan Jadon Sancho adalah dua dari bintang muda yang lebih baru yang tampaknya ditakdirkan untuk hal-hal besar bersama Dortmund.

Dortmund juga telah menjelajah ke Asia Tenggara dan, setelah menjalin kemitraan dengan Johor Darul Ta’zim (Malaysia) dan Warriors FC (Singapura), dan kini secara resmi mengikat kerja sama dengan juara bertahan Liga Thailand Buriram pada November lalu.

Kesepakatan itu ditandai oleh pertandingan persahabatan antara legenda dari kedua belah pihak di Chang Arena dan berjanji untuk menjadi awal dari kerja sama yang saling menguntungkan.

“Kemitraan kami dengan Buriram United mencerminkan keyakinan kami bahwa kedua klub dapat bekerja sama dan terus tumbuh baik di dalam maupun di luar lapangan,” kata Suresh Letchmanan, direktur pelaksana Dortmund untuk Asia.

“Buriram United, seperti BVB, adalah pemimpin di lapangan, yang terkenal karena sejarahnya yang bangga, rasa kebersamaan yang kuat, dan pengejaran keunggulan yang tiada henti.”

“Kedua tim juga memiliki filosofi yang sama dalam pengembangan sejauh penggunaan teknologi, ilmu olahraga dan manajemen dalam program pemain muda, sementara juga bekerja keras dengan komunitas lokal mereka untuk mempromosikan nilai-nilai klub dengan mencoba bermain terbuka dan menarik dalam balutan sepakbola yang menyerang.”

Meskipun Asia Tenggara saat ini tertinggal di belakang dari negara seperti Jepang, Iran, Korea Selatan, dan Arab Saudi di panggung benua Asia, langkah maju telah dibuat dalam beberapa tahun terakhir dengan sejumlah pemain Thailand mendapatkan transfer ke Eropa dan Jepang, sementara prospek Vietnam yang luar biasa yaitu Nguyen Quang Hai telah mendapatkan jalan untuk melangkah berkarier  di luar negeri.

Kawasan ASEAN dijelasakan sebagai penuh dengan “begitu banyak potensi yang belum dimanfaatkan”, Suresh percaya Dortmund dapat memainkan peran kunci dalam menyediakan jalur bagi prospek pemian muda Buriram terbaik untuk mewujudkan impian mereka dalam menjadikannya pemain besar di sepakbola.

“Klub-klub akan bekerja sama untuk mengembangkan pemain di level pemain muda,” jelasnya. “Mulai dari level U-9 dan naik ke U-19, klub akan membahas cara untuk mengembangkan pemain muda dan memberi mereka kesempatan untuk maju ke tempat di tim senior.”

“Dengan kesepakatan ini, para pemain muda dari Buriram United juga akan memiliki kesempatan untuk terlibat dalam program pertukaran dan mengalami kehidupan pemain profesional di klub top Eropa.”

Mantan pemain tim nasional Jepang, Shiji Kagawa adalah pemain Asia yang sukses bersama Dortmund dan menjadi salah satu bintang terbesar di Asia dalam satu dekade terakhir.

Tetapi mungkinkah itu masalah waktu sebelum bintang muda Buriram akan menghiasi Bundesliga dalam warna hitam dan kuning kebanggaan Dortmund di masa mendatang?

“Ya,” jawab Suresh, ketika ditanya dia bisa melihat seorang Thailand yang cukup baik untuk bermain untuk Dortmund. “Thailand adalah pemimpin regional saat ini dalam hal pengembangan pemuda. “Jelas, [itu bisa terjadi] dalam beberapa tahun ke depan atau mungkin pada generasi berikutnya.”

Comments