Vietnam, Kuda Hitam Baru Sepakbola Asia dari Asia Tenggara?

Uruguay 4-0 Thailand: Chanathip Songkrasin in high spirits despite loss

Jika saja Ali Adnan tidak mampu menjebol gawang Dang Van Lam lewat sepakan bebas di menit ke-90, bisa saja Vietnam meraih poin perdananya sebagai perwakilan ASEAN di turnamen ini. Sayangnya, Irak mampu unggul 3-2 dan memupus impian tersebut.

Vietnam sempat unggul dua kali dan membuat pertahanan Irak pontang-panting menghadapi Phan Van Duc dkk saat itu. Penampilah hebat Vietnam ini mengundang komentar dari pelatih Irak, Srecko Katanec pasca laga tersebut.

“Saya tidak terkejut dengan penampilan Vietnam. Kami telah menyaksikan beberapa pertandingan mereka dan mereka adalah tim yang sangat bagus. Mereka adalah anak muda dengan banyak kecepatan dan energi, dan mereka banyak berlari,” ungkapnya. “Saya memprediksikan pertandingan yang sulit, dan itu semua ternyata persis seperti apa yang saya perkirakan,” kata mantan manajer Olympiakos setelah pertandingan.

Penampilan Vietnam memang layak menuai pujian. Diantara tiga tim asal ASEAN yang berlaga di Piala Asia tahun 2019 ini, mungkin hanya Vietnam yang mampu menggebrak di laga matchday pertama kemarin. Thailand secara mengejutkan dibantai 4-1 oleh India dan Filipina bermain cukup apik saat hanya kalah 1-0 dari Korea Selatan.

Kehebatan Vietnam tentu tak turun langsung dari langit. Mereka adalah jawara Piala AFF 2018 silam, peringkat empat Asian Games 2018 bahkan menjadi finalis Piala Asia U23 awal tahun 2018 lalu. Jangan lupa juga, mereka juga adalah peserta Piala Dunia U20 pada tahun 2017 silam meski hanya mentok sampai fase grup saja.

Comments