Johor Darul Takzim permalukan Persija di Malaysia

Persija Jakarta harus menelan kekalahan telak tiga gol tanpa balas ketika menantang Johor Daril Takzim di Stadion Tan Sri Dato Haji Hassan Yunos, Rabu (14/2) malam.

Duet Bambang Pamungkas dan Addison Alves tak mampu menutup absennya Marko Šimić, yang disimpan untuk Final Piala Presiden. Lini depan klub ibu kota Indonesia itu tampak majal menghadapi pertahanan tuan rumah.

Walau sempat buntu, keran gol Johor akhirnya terbuka pada menit ke-30. Gol bermula dari aksi Azrif Nasrulhaq yang masuk ke kotak penalti dan dengan tenang mengirim bola ke mulut gawang. Bola disambut Hazwan Bakri yang dengan mudah menggulirkan bola ke jala Andritany.

Dua belas menit kemudian, tuan rumah yang tampil agresif berhasil menggandakan keunggulan. Kali ini lini belakang Persija terlalu maju sehingga Afiq Fazail mampu mengirim umpan terobosan dengan mudah. Jorge Pereyra berhasil menjangkau bola dan dengan dingin menaklukkan Andritany.

Tekanan tinggi Johor masih bertahan dan merepotkan Macan Kemayoran di paruh kedua. Mereka beberapa kali sering kehilangan bola dan jadi korban serangan cepat tuan rumah. Untung saja, blunder di awal paruh kedua tak berujung gol karena aksi Andritany.

Di menit ke-71, ada secercah harapan untuk laskar Jakarta. Bambang Pamungkas berhasil melewati kiper Johor dan tinggal menghadapi gawang kosong. Sangat disayangkan, sepakan legenda Indonesia itu cuma mencium mistar gawang dan tak membuahkan angka.

Lima menit setelah kans itu, Johor malah mencetak gol ketiganya. Safawi Rasid yang baru masuk menggantikan Hazwan Bakri sukses lolos dari kawalan bek-bek Persija. Dengan mudah, Rasid meneruskan umpan terobosan Pereyra dan memaksa Andritany memungut bola dari gawangnya lagi. Keunggulan tiga gol itu bertahan hingga bubaran.

Susunan Pemain

Johor DT: Farizal Marlias; Azrif Nasrulhaq (66′ Kunanlan Subramaniam), Corbin Ong La Vere, Fadhli Shas, Afiq Fazail (87′ Amirulhadi Zainal); Safiq Rahim, Natxo Insa, Hariss Harun; Jorge Pereyra Diaz, Hazwan Bakri (72′ Safawi Rasid), Luciano Figueroa.

Persija: Andritany Ardhiyasa; Marko Kabiay (62′ Riko Simanjuntak), Jaimerson Xavier, Gunawan Dwi, Valentino Telaubun; Novri Setiawan, Asri Akbar, Sandi Sute; Rudi Widodo (46′ Fitra Ridwan); Addison Alves, Bambang Pamungkas (74′ Ahmad Syaifullah).

Comments