Masalah visa jadi ganjalan Ceres-Negros

Selang beberapa hari setelah mengalahkan Brisbane Roar di fase kedua kualifikasi Liga Champions Asia, harapan Ceres-Negros untuk mencapai babak grup kini berada dalam ancaman mengingat mereka tersandung masalah di Filipina – mereka tidak sanggup mendapatkan visa yang dibutuhkan untuk terbang ke Cina demi memainkan final kualifikasi pada Selasa (30/1) esok.

Pihak klub mengklaim bahwa mereka sudah mengajukan permohonan berkali-kali ke otoritas terkait tanpa ada kejelasan, hingga akhirnya mereka meminta AFC untuk menunda pertandingan melawan Tianjin Quanjian demi memastikan duel tersebut digelar di level yang sama.

Setelah melayangkan dokumen perjalanan yang diperlukan di kantor kedutaan Cina di Manila, tak lama setelah kepulangan mereka dari Australia, mereka malah diberi tahu bahwa waktunya takkan cukup untuk memproses dokumen tersebut sebelum akhir pekan, yang berarti waktu tercepat untuk mendapatkan visa adalah Senin ini.

Bahkan jika pengajuan tersebut diproses – dan pihak klub tidak yakin dengan itu – itu berarti skuat Ceres harus mengejar penerbangan ke Cina tanpa tidur atau pun latihan dan kemudian memainkan partai terbesar dalam sejarah klub dan negara tersebut di malam yang sama.

Berbicara secara eksklusif kepada FOX Sports Asia, pelatih Ceres Risto Vidakovic, menyebut situasi ini ‘gila’.

“Saya pikir tidak ada banyak waktu – kemarin perjalanannya menghabiskan sepuluh jam dari Australia kembali ke Filipina dan ketika kami tiba, itu sudah Jumat,” kata Vidakovic.

“Kedutaan Cina memberi tahu kami bahwa mereka butuh semua paspor untuk memproses visa dan, karena itu Jumat, mereka bilang mereka tidak punya waktu yang cukup untuk memberi kami visa sampai setelah akhir pekan.

“Itu berarti jika kami mendapatkan visa tersebut pada Senin, kami kemudian harus terbang semalaman dan kami akan mendarat di hari pertandingan, tanpa tidur atau apapun dan kami harus pergi memainkan pertandingan.

“Ini adalah kondisi yang buruk dan sulit digunakan untuk bersaing, jadi ini adalah masalah besar soal bagaimana mengorganisir ini semua untuk sampai ke sana tepat waktu dan memainkan pertandingan.”

Sekalipun laga nanti digelar sesuai jadwal, sang pemenang kemudian akan menemani Jeonbuk Hyundai Motors, Kitchee dan pemenang antara Kashiwa Reysol dan Muangthong United untuk melengkapi Grup E.

UPDATE (13:20 WIB) – Media officer Ceres-Negros menginformasikan FOX Sports bahwa skuat telah mengantungi visa yang dibutuhkan sehingga mereka dapat terbang ke Tianjin.

 

Comments