Ini Dia Peringkat Klub di ASEAN untuk Bulan Maret 2019

Afghanistan Airmarine Cup 2019: What to expect

Musim domestik di Asia berjalan dengan baik. Tim-tim dari berbagai negara mengambil bagian dalam liga nasional musiman mereka. Sementara itu, para pemain terbaik dari musim lalu juga memulai kampanye masing-masing di Liga Champions Asia dan Piala AFC.

Pada kompetisi tersebut, terdapat beberapa klub ASEAN, yang bersaing untuk supremasi di kedua kompetisi ini. Pertunjukan beberapa klub ASEAN di pekan pertama turnamen kontinental juga menambah penghitungan poin mereka di tabel keseluruhan, dengan beberapa hasil yang luar biasa.

Posisi teratas dari pihak ASEAN adalah klub Liga Super Malaysia, Johor Darul Ta’zim. The Southern Tigers dianggap sebagai salah satu klub terbaik di Asia Tenggara ini berada di peringkat ke-28 versi FootyRankings, dengan total 35,71 poin.

Kedua di antara klub-klub ASEAN adalah klub Thailand Buriram United, yang saat ini menempati posisi ke-31 dengan 35,26 poin. Selanjutnya ada Ceres Negros dari Filipina di peringkat 32, dengan total penghitungan poin sebesar 34,38.

Hanya ada dua sisi lagi yang masuk 50 Besar, dengan Muangthong United (40 poin) dan Home United dari Singapura (48 poin) untuk mengisi posisi tersebut. Singapura juga diwakili oleh Tampines Rovers, yang berada di urutan 55, sementara entri pertama Myanmar masuk di nomor 67 yaitu Yangon United. Perwakilan dari Vietnam, Hanoi FC, sementara itu, hanya bercokol di posisi ke-71.

Lalu dimana posisi klub Indonesia?

Jika mengacu kepada footyrankings.com maka klub juara bertahan Liga 1 musim 2018 ini berada di posisi ke-83 secara keseluruhan di Asia dan menjadi kesembilan di ASEAN. Ini bahkan jika mencantumkan klub Australia, maka Johor Darul Ta’zim bukan posisi pertama di ASEAn, melainkan posisi kedua di bawah Sydney FC dan Persija berada di urutan kesepuluh.

 

Comments