Laga klasik, PSMS Medan atasi PSM Makassar

Laga klasik mewarnai pembukaan Piala Presiden 2018, Selasa (16/01). Dalam pertandingan ini, PSMS Medan berhasil unggul dengan skor tipis 2-1, di Gelora Bandung Lautan Api.

Meski suhu pertandingan panas, laga berjalan dalam tempo sedang. Pasukan Juku Eja tak tampil dengan skuat terbaiknya, empat pemain asingnya tak dimasukkan semenjak babak pertama. Sementara Djajang Nurjaman menurunkan pemain-pemain terbaiknya.

Selama sepuluh menit pertama, bola hanya lebih banyak beredar di area tengah lapangan. PSMS berhasil menang dalam penguasaan bola.

Baru di menit 13, pemain PSMS Medan, Antoni Putro hampir saja mengoyak gawang PSM yang dijaga Shahar Ginanjar andai sepakannya tak membentur tiang gawang.

PSM Makassar justru bisa keluar dari tekanan dan mencetak gol di menit 19. Adalah pemain naturalisasi Guy Junior yang berhasil mencetak gol indah dengan tendangan saltonya. Ia memanfaatkan kesalahan Muhammad Roby dalam mengantisipasi umpan yang diberikan Arsyad Yusgiantoro.

Ayam Kinantan berhasil menyamakan kedudukan di menit 37 sesaat setelah bek PSM Makassar, Hobert Elopere, salah mengantisipasi bola tendangan Suhandi di kotak penalti. Blok Elopere justru membelokkan bola ke arah gawang bagian atas tanpa mampu dijangkau Shahar.

Guy Junior menutup peluang di babak pertama dengan sepakan kerasnya dari luar kotak penalti. Sayang, tendangannya itu hanya sedikit menyamping di sisi kiri gawang Dhika Bhayangkara.

PSM Makassar membuka peluang di babak kedua dengan sepakan Saldi di menit 59 yang membentur mistar gawang bagian atas.

Pemain PSM yang baru masuk di pertengahan babak kedua, Steven Paulle, justru membuat kesalahan sendiri di daerah pertahanan. Ia gagal mengantisipasi bola panjang dari tengah. Antoni yang berlari kencang berhasil mendapatkan bola dan menceploskan bola mendatar ke arah gawang tanpa mampu dihadang kiper di menit 66. Kedudukan berbalik 2-1 untuk PSMS Medan.

Kapten Legimin Raharjo hampir memperlebar jarak jika tendangan bebasnya tak membentur mistar bagian atas.

Kemenangan tipis ini membawa PSMS Medan sementara berada di peringkat satu grup A Piala Presiden 2018 bersama Persib Bandung yang menang tipis atas Sriwijaya FC.

Kredit foto Piala Presiden

Comments