Kualifikasi Liga Champions Asia 2019: Persija Jakarta Balaskan Dendam Atas Home United

Persija Jakarta memulai petualangan mereka di ajang Liga Champions Asia berhadapan dengan kontestan asal Singapura, Home United. Kedua tim sebelumnya sempat bertemu di Piala AFC musim lalu. Kala itu The Proctectors berhasil mengandaskan perlawanan tim Macan Kemayoran di babak semifinal zona ASEAN. Musim ini kedua tim kembali bertemu di kualifikasi Liga Champions Asia, dan hasil pertandingan berakhir berbeda. Pada laga yang digelar di stadion Jalan Besar, Singapura, Selasa (05/02) Persija berhasil menang atas Home United dengan skor 3-1.

Persija yang pada musim ini ditangani oleh pelatih gaek, Ivan Kolev, tampil dengan skema 4-3-3. Dengan mengandalkan trio lini serang, Marko Simic, Riko Simajuntak, dan pemain yang dipinjam dari Madura United, Beto Goncalves. Sementara Home United mengandalkan dua legiun asing mereka, Sung Ui-young dan Isaka Cernak.

Pertandingan baru berjalan sepuluh menit, Persija unggul cepat setelah pemain Home United membuat gol bunuh diri. Tendangan bebas Fitra Ridwan membentur pemain, dan meluncur deras ke gawang yang dikawal Khairullah. Tim tuan rumah tampak begitu kesulitan tampil tanpa penyerang andalan mereka, Shahril Ishak. Serangan demi-demi serangan Home United selalu mentah bahkan sebelum sampai ke jantung pertahanan lawan.

Home United terus berupaya menyamakan kedudukan melalui serangan balik cepat. Hasilnya, melalui kerjasama apik dengan Isaka dan Faris Hameed, Ui-yong berhasil menjebol gawang Persija tepat beberapa menit sebelum babak pertama berakhir.

Babak kedua dimulai, Persija kembali unggul cepat melalui lesakan Beto Goncalves memanfaatkan sodoran dari Riko Simanjuntak. Skor 2-1 untuk keunggulan Persija. Home United yang berusaha menyamakan kedudukan justru kembali kemasukan. Jelang laga usai, Marko Simic memperlebar keunggulan Macan Kemayoran lagi-lagi memanfaatkan bola kiriman dari Riko Simanjuntak.

Hingga wasit meniup peluit tanda pertandingan usai, skor kemenangan 3-1 untuk Persija tidak berubah. Macan Kemayoran sudah ditunggu tim asal Australia, Newcastle Jets di babak selanjutnya. Masih ada dua tahapan kualifikasi lagi sampai ke babak utama (fase grup) Liga Champions Asia.

 

Home United: Rudy Khairullah; Abdil Qaiyyim Mutalib, Faritz Abdul Hammed (Hafiz Nor, 74′), Ho Wai Loon, Aqhari Abdullah; Song Ui-young, Hami Syahin (Iqram Rifqi, 74′), Faizal Roslan, Izzdin Shafiq; Adam Swandi, Isaka Cernak.

Persija Jakarta: Andritany Ardhiyasa; Ismed Sofyan, Dany Saptura, Ryuji Utomo, Maman Abdurrahman; Ramdani Lestaluhu (Septinus Alua, 79′), Fitra Ridwan (Yan Nasadit, 71′), Sandi Darma Sute (Tony Sucipto, 46′); Beto Goncalves, Marko Simic, Rico Simanjuntak.

(Kredit Foto: Tim Media Persija Jakarta)

Comments