Newcastle Jets 3-1 Persija: Kalah di Babak Tambahan, Macan Kemayoran Turun Kasta ke Piala AFC

Why did ASEAN teams struggle on AFC Champions League Matchday 3?

Babak eliminasi kedua Liga Champions Asia 2019 antara Newcastle Jets kontra Persija di Stadion McDonald Jones, Selasa (12/2) sore WIB, berakhir dengan kemenangan Newcastle Jets 3-1 Persija. Kekalahan itu menurunkan Persija ke kasta kedua turnamen antarklub Asia, Piala AFC.

Jalannya Pertandingan

Tuan rumah mengandalkan Roy O’Donovan di lini depan dalam taktik 4-2-3-1 yang diterapkan Ernie Merrick. Pergerakan striker asal Republik Irlandia itu akan ditopang oleh Kaine Sheppard, Ronald Vargas, dan Dimi Petratos.

Sementara Ivan Kolev di kubu Persija Jakarta menerapkan formasi 4-3-3. Riko Simanjuntak, Marko Simic, dan Alberto Goncalves, jadi andalan di lini depan. Sedangkan di tengah Ramdani Lestaluhu, Yan Pieter Nasadit, dan Sandi Sute berjibaku memenangi duel perebutan bola.

Selama 15 menit pertama di Stadion McDonald Jones, tuan rumah mendominasi permainan dan mengurung pertahanan Persija. Tapi peluang yang mereka ciptakan masih sering kandas. Tim tamu baru bisa keluar tekanan dan bermain dengan kepercayaan diri sejak menit 22.

Gol ke gawang Andritany Ardhiyasa tampak hanya tinggal masalah waktu jika melihat intensitas bermain Newcastle. Donovan dan Petratos jadi dua pemain dari Newcastle yang paling mengancam pertahanan Persija.

Jelang akhir laga, Andritany bertindak cepat ketika ia membaca permainan dan memotong bola yang diarahkan ke O’Donovan, yang sedianya dalam posisi onside. Tak lama berselang dari momen itu, Simic juga punya peluang melalui tendangan akrobatik. Sayang, sepakannya melebar. Paruh pertama berakhir tanpa gol.

Di babak kedua Newcastle meneruskan permainan yang mereka perlihatkan di paruh pertama. Hasilnya positif. Tim besutan Ernie Merrick unggul cepat di menit 49 melalui gol yang diciptakan Vargas dari jarak dekat.

Pemain asal Venezuela menyelesaikan kerja sama antara Sheppard dengan O’Donovan dan membawa tuan rumah unggul 1-0 di awal babak kedua ini. Persija kini harus sedikit keluar menyerang untuk mengejar ketertinggalan.

Perlahan tapi pasti, serangan yang dibangun Persija akhirnya membuahkan gol penyama kedudukan di menit 72. Berawal dari sepak pojok, Ramdani menanduk bola dan sukses menjebol gawang Newcastle yang dijaga Glen Moss. Sebelumnya, tandukkan Simic disapu oleh Ben Kantarovski. 1-1 kedudukan sama kuat.

Tuan rumah tersengat dan mencoba untuk kembali unggul. Newcastle tidak mengendurkan serangan mereka, namun, Persija juga berbahaya ketika mengandalkan serangan balik. Kedudukan belum berakhir dan kini memasuki lima menit terakhir babak kedua.

Sampai waktu normal berakhir, plus tambahan waktu lima menit, tidak ada lagi gol yang tercipta. Skor sama kuat 1-1 dan laga dilanjutkan ke babak tambahan. Jika kedudukan masih sama, maka pertandingan dilanjutkan ke adu penalti.

Tidak ada tim yang mau melanjutkan laga hingga drama adu penalti. Baik Newcastle dan Persija sama-sama ingin mengakhirinya di babak tambahan. Keduanya berusaha bermain ofensif meski tenaga mereka sudah terkuras selama 90 menit pertandingan.

Riko masih memiliki kecepatan dengan akselerasinya di menit 95, ketika dia berlari mendribel bola dari lapangan tengah hingga ke depan. Sayang, tidak ada yang menyambut umpannya.

Kedudukan akhirnya berubah kembali di menit 101. Usai melakukan penyelamatan gemilang, gawang Andritany bergetar dari situasi sepak pojok, ketika bek jangkung Newcastle, Nigel Boogaard, menanduk bola dan mencetak gol. Newcastle kembali unggul 2-1.

Di babak tambahan, Merrick memasukkan dua pemain lagi setelah sebelumnya memainkan Matt Ridenton dan Angus Thurgate. Kedua pemain itu adalah Nick Cowburn dan Lachlan Jackson. Kini Newcastle berusaha menjaga keunggulan itu.

Pada paruh kedua babak tambahan, Andritany berjibaku habis-habisan menyelamatkan gawangnya dari serbuan pemain Newcastle. Tapi, pada akhirnya gawang Andritany kebobolan gol untuk ketiga kalinya di laga tersebut.

Tepat di menit 120, Matt Ridenton mengunci kemenangan Newcastle kala menerima umpan dari Nick Cowburn. Dua pemain pengganti bekerja sama untuk gol penentu kemenangan Newcastle. Tuan rumah menang 3-1 dan akan melawan Kashima Antlers di fase berikutnya, sementara Persija turun kasta ke Piala AFC.

Susunan pemain:

Newcastle Jets (4-2-3-1): Glen Moss; Daniel Georgievski, Nigel Boogaard, Nikolai Topor-Stanley, John Koutroumbis; Steven Ugarkovic, Ben Kantarovski; Kaine Sheppard (Angus Thurgate 82′), Ronald Vargas (Matt Ridenton 79′), Dimi Petratos (Nick Cowburn 106′); Roy O’Donovan (Lachlan Jackson 113′)

Cadangan: Ivan Vujica, Nick Cowburn, Kostas Petratos, Lachlan Jackson, Lewis Italiano (GK), Matt Ridenton, Angus Thurgate

Pelatih: Ernie Merrick

Persija Jakarta (4-3-3): Andritany Ardhiyasa; Ismed Sofyan, Ryuji Utomo, Maman Abdurrahman, Dany Saputra; Sandi Sute, Ramdani Lestaluhu, Yan Pieter Nasadit (Tony Sucipto 41′); Riko Simanjuntak, Marko Simic, Alberto Goncalves (Novri Setiawan 69′)

Cadangan: Shahar, Novri Setiawan, Tony Sucipto, Fitra Ridwan, Spetinus Alua, Bambang Pamungkas, Heri Susanto

Pelatih: Ivan Kolev

Comments