Cetak Sejarah Baru, Wasit Wanita Resmi Pimpin Laga Piala AFC 2019

Sepakbola memang seharusnya tak mengenal ras, agama, gender dan usia. Baru-baru ini, kabar baik datang dari sepakbola Asia karena wasit wanita asal Jepang, resmi pimpin laga fase grup Piala AFC 2019 antara Yangon United vs Naga World yang berakhir 2-0 untuk tim tuan rumah Yangon United.

Wasit wanita asal Jepang tersebut adalah Yoshimi Yamashita bersama asisten wasit Makoto Bozono dan Naomi Teshirogi. Yoshimi sendiri pernah jadi wasit Piala Asia Wanita 2018 silam di Yordania. Namun untuk sepakbola pria profesional, ini adalah pertama kalinya.

“Ini adalah salah satu impianku. Kami sudah bekerja sangat keras dan inilah hasilnya. Saya harus berterima kasih kepada AFC karena memberi kami kesempatan ini untuk bergabung dengan buku-buku sejarah dalam referensi perempuan di Asia,” kata Yoshimi Yamashita yang kami kutip dari laman AFC.

Yoshimi Yamashita bersama asisten wasit Makoto Bozono dan Naomi Teshirogi. (sumber: AFC)

“Ini adalah pencapaian penting bagi kami karena ini adalah pertama kalinya tiga wanita akan memimpin dalam kompetisi klub AFC dan itu terjadi sebelum Piala Dunia Wanita FIFA 2019, sehingga kami akan melakukan yang terbaik di setiap pertandingan,” lanjutnya

Sedangkan asisten wasit Naomi Teshirogi yakin penunjukan mereka akan menginspirasi para wasit wanita di Asia. “Di masa depan, kami berharap dapat memberikan contoh bagi lebih banyak wasit wanita untuk melakukan lompatan untuk memimpin pertandingan sepakbola pria. Semoga akan semakin banyak wanita yang lulus tes kebugaran pria sehingga menunjukkan bagaimana motivasi dari kami para wasit wanita,” tuturnya

Comments