Piala AFC 2019: Home United Ditahan Imbang 1-1 oleh PSM Makassar

Were Hanoi FC deserving Group F winners in AFC Cup 2019?

Comeback PSM Makassar ke pentas Asia kali ini tak disambut oleh puluhan ribu suporternya sendiri. Namun mereka harus bertandang ke stadion Jalan Besar, Kallang, Singapura untuk menghadapai tim tuan rumah Home United kali ini.

Sebagai catatan saja, Home United adalah klub pemenang Piala AFC zona ASEAN 2018 setelah mengalahkan Persija di semi final ASEAN dan klub Ceres Negros di final ASEAN yang nantinya akan masuk ke laga play-off interzona. Saat itu Home United terhenti oleh klub April25 dari Korea Utara dengan agregat telak 11-1.

Baca juga: Jadwal Lengkap Persija dan PSM di Fase Grup Piala AFC 2019

Pada babak pertama, PSM yang menurunkan semua pemain terbaiknya termasuk pemain asingnya, berada dalam tekanan di awal-awal babak. Itu karena tim tuan rumah mencoba membongkar PSM dari kedua sisi sayap terutam di sisi kanan PSM.

AFC Cup 2019: Home United FC 0-1 PSM Makassar (Eero Markkanen – 26′)

Tapi skuat Juku Eja yang bermain semakin rapi akhirnya bisa membuat peluang bahkan gol pembuka di menit ke-26 babak pertama. Kreasi Wiljan Pluim dan M. Rahmat menjadi gol apik untuk Eero Markkanen lewat sepakan keras kaki kirinya ke pojok gawang. Sampai waktu jeda, skor 0-1 bertahan untuk pasukan Ramang.

Memasuki babak kedua, laga berjalan cukup keras di lini tengah. Home United yang kesulitan masuk ke kotak penalti mencoba sepakan jarak jauh dari akhir-akhir babak pertama. Walhasil tim tuan rumah bisa samakan kedudukan lewat sepakan jarak jauh Hami Syahin di menit ke-63. Skor imbang 1-1 untuk kedua tim bertahan hingga akhir pertandingan.

AFC Cup 2019: Home United 1-1 PSM Makassar (Hami Syahin – 63′)

Pada laga mendatang, giliran PSM akan bermain di Indonesia menjamu Lao FC Toyota pada 13 Maret nanti. Kemungkinan mereka akan berlaga di luar Sulawesi alias di Pakansari, Bogor.

Comments