Piala AFC 2019: Sempat Tertinggal, Persija Libas Shan United 3-1

Were Hanoi FC deserving Group F winners in AFC Cup 2019?

Pertandingan Piala AFC 2019 Grup G antara Shan United dan Persija Jakarta di Thuwunna Stadium, Selasa (12/3) berakhir dengan skor 3-1 untuk kemenangan Persija.

Hasil Piala AFC 2019 tersebut membuat Persija kini memuncaki klasemen Grup G dengan empat poin untuk sementara. Posisi Persija bisa tergeser ke posisi dua jika laga antara Ceres dan Becamex menghasilkan pemenang.

Persija berlaga tanpa diperkuat Andritany Ardhiyasa dan Novri Setiawan yang sedang menjalani bersama tim nasional. Namun anak asuh Ivan Kolev tetap mampu memberikan perlawanan maksimal.

Dua peluang lahir dalam rentang 10 menit pembuka. Peluang pertama lahir dari aksi Danny Saputra yang melepaskan tendangan spekulasi ke gawang Myo Min Latt pada menit ketujuh.

Satu menit berselang sundulan Steven Paulle diteruskan oleh Heri Susanto dengan tendangannya yang masih melambung di atas mistar.

Bermain menekan membuat Persija agak lengah di lini pertahanan. Mereka kecolongan gol lewat satu aksi serangan tuan rumah.

Reo Nakamura berhasil merobek jala gawang Persija yang dikawal Shahar Ginanjar pada menit ke-14 setelah menyambar bola liar di dalam kotak penalti.

Tuan rumah berpeluang menggandakan skor pada menit ke-39, sayang tendangan bebas Maycon dari luar kotak penalti tidak maksimal.

Bruno Matos nyaris membawa Persija menyamakan skor ketika sepakannya di akhir babak pertama hanya menerpa mistar gawang. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Persija terus menunjukkan perlawanan terbaik mereka dengan terus menekan lini pertahanan tuan rumah. Pada menit ke-66 gol yang dinantikan pun tercipta.

Berawal dari umpan terobosan Sandi Sute berhasil menembus lini pertahanan Shan United. Bola kemudian diteruskan ke Bruno Matos yang melepaskan tendangan kaki kiri dengan tenang. Shan United 1-1 Persija.

Heri Susanto kembali menjadi ancaman untuk bek-bek Shan United pada menit ke-74. Dia nyaris menyamakan skor ketika posisinya hanya tinggal berhadapan satu lawan satu dengan kiper. Namun peluang untuk menambah gol kandas.

Macan Kemayoran akhirnya bisa berbalik unggul tiga menit berselang. Steven Paulle menceploskan bola hasil sepak pojok yang mendarat tepat di depan garis gawang. 2-1 untuk Persija.

Kepercayaan diri juara Liga 1 Indonesia 2018 kian menjadi-jadi setelah gol Steven Paulle. Persija kembali menambah gol untuk membuat mereka unggul 3-1 pada menit ke-83.

Melalui sebuah skema serangan balik yang cepat, Bruno Matos sukses menjebol tuan rumah dengan mudah.

Itu menjadi gol penutup dalam laga ini dan Persija  pulang ke Tanah Air dengan kemenangan pertama mereka di Piala AFC 2019.

Susunan Pemain

Shan United: Myo Min Latt; David Htan, Hein Thiha Zaw, Htike Htike Aung, Ye Min Thu; Set Phyo Wai, R. Nakamura; Zin Min Tun, Hédipo, Yan Naing Oo; Rogerio Maycon.

Persija Jakarta: Shahar Ginanjar; Ismed Sofyan, Steven Paulle, Maman Abdurrahman, Dany Saputra; Rohit Chand; Riko Simanjuntak, Bruno Matos, Ramdani Lestaluhu, Heri Susanto; Silvio Escobar

Comments