Timnas Indonesia U-22 1-0 Vietnam U-22: Garuda Muda Lolos ke Final Piala AFF U-22 2019

China Cup 2019: Uruguay 4-0 Thailand – Highlights

Timnas Indonesia U-22 memainkan laga semifinal Piala AFF U-22 di Stadion Nasional, Phnom Penh, Kamboja, Minggu (24/2) sore WIB melawan Vietnam. Indonesia menggunakan jersey merah dan Vietnam mengenakan jersey tandang berwarna putih.

Garuda Muda menang tipis 1-0 atas Vietnam dan akan menanti pemenang laga antara Thailand melawan tuan rumah, Kamboja, yang baru akan berlangsung selepas laga ini.

Kapten Indonesia U-22, Andy Setyo, tidak bermain di laga ini karena cedera pinggang. Begitu juga Tran Danh Trung, striker utama Vietnam, yang telah mengoleksi tiga gol di turnamen ini.

Vietnam, yang sedikit diuntungkan karena masa pemulihan yang lebih banyak, nyatanya bermain lebih sabar ketika Indonesia membangun serangan. Pada 30 menit pertama ini, Asnawi Mangkualam jadi pemain terbaik Indonesia karena sering naik membantu serangan (overlap).

Delapan menit berselang Vietnam nyaris mencuri keunggulan terlebih dahulu dari situasi tendangan bebas. Phan Thanh Hau mengirim bola berbahaya dan untung bagi Indonesia, Tran Duc Nam dan Nguyen Van Hanh, gagal menanduk bola.

Paruh pertama berakhir imbang tanpa gol hingga waktu tambahan dua menit. Indonesia mengambil inisiatif serangan di menit-menit pertama, tapi Vietnam membangun serangan jelang akhir babak pertama.

Lemahnya intensitas bermain Vietnam untuk membangun serangan dibayar mahal oleh pertahanan mereka di menit 70. Usai terjadi pelanggaran dekat gawang Vietnam, M. Luthfi Kamal mencetak gol dari tendangan bebas setelah sempat terdefleksi pemain Vietnam. 1-0 Indonesia unggul.

Vietnam baru tersengat pasca kebobolan gol dan menaikkan intensitas serangan. Akan tapi, Indonesia bermain disiplin, solid, dan tidak memberi banyak ruang kepada Vietnam. Indonesia kini hanya melancarkan serangan dari serangan balik.

Enam tambahan waktu berakhir di babak kedua dan tidak ada lagi gol yang tercipta. Gol dari M. Luthfi Kamal menjadi satu-satunya gol di pertandingan ini. Indonesia U-22 menang 1-0 atas Vietnam U-22.

Susunan Pemain:

Indonesia U-22 (4-3-3): Awan Setho; Firza Andika, Bagas Adi, Nurhidayat, Asnawi Mangkualam; Gian Zola, M. Luthfi, Sani Rizki Fauzi (Rafi Syarahil 60′); Witan Sulaeman, Marinus Wanewar, Osvaldo Haay.

Pelatih: Indra Sjafri

Vietnam U-22 (4-3-3): Phan Van Bieu; Nguyen Van Dat, Dung Quang Nho, Nguyen Van Hanh, Nguyen Hoang Duy; Nguyen Hung Tienh Duc (Tran Bao Toan 76′), Tran Tranh Son, Nguyen Huu Thang; Panh Tranh Hau, Le Van Xuan, Tran Duc Nam.

Pelatih: Nguyen Quoc Tuan

Comments