Piala AFF U-22, Man of The Match Indonesia vs Vietnam: Asnawi Mangkualam

China Cup 2019: Uruguay 4-0 Thailand – Highlights

Timnas Indonesia U-22 memastikan tiket final Piala AFF U-22 2019. Melawan Vietnam U-22 di Stadion Nasional, Phnom Penh, Kamboja, Indonesia menang 1-0 melalui gol tunggal yang dicetak oleh M. Luthfi Kamal, Minggu (24/2) sore WIB.

Garuda Muda asuhan Indra Sjafri bermain lebih baik sepanjang pertandingan ketimbang tim asuhan Nguyen Quoc Tuan. Sebelum gol yang dicetak Luthfi Kamal di menit 70, Vietnam tidak banyak mengancam Awan Setho, kiper Indonesia.

Intensitas serangan Vietnam baru meningkat setelah Luthfi mencetak gol dari tendangan bebas. Namun sampai enam menit tambahan waktu di babak kedua berakhir, Vietnam tak mampu mencetak gol dan Indonesia U-22 lolos ke final, menanti pemenang laga antara Kamboja kontra Thailand.

Seyogyanya, Luthfi Kamal yang mencetak gol semata wayang terpilih sebagai Man of the Match. Namun di laga ini, kami memilih bek kanan berusia 19 tahun, Asnawi Mangkualam. Bek yang bermain di PSM Makassar sudah memperlihatkan konsistensi bermainnya dari fase grup.

Berposisi sebagai bek kanan, Asnawi merepresentasikan full-back modern yang gemar naik membantu serangan (overlap) dan tahu momen untuk melakukannya atau bertahan. Kontra Vietnam, Asnawi melepaskan satu peluang yang melebar di babak pertama.

“Peluang melawan Malaysia banyak sekali. Asnawi juga mendapat peluang, yang saya pikir itu lebih susah mengeluarkan bola daripada memasukkannya. Jadi, semua bisa terjadi dalam sepak bola,” kata Indra Sjafri pasca laga Indonesia kontra Malaysia beberapa waktu lalu.

“Saya tidak pernah melihat full back yang sukses seperti dia, dan kami harus mengakui (penampilan apik) dia. Soal kenapa dia mengoper bola, itu keputusan dia. Mungkin karena bisa saja terjadi. Saya akan tanya kepada Asnawi, kenapa dan apa yang dia rasakan saat itu,” tuturnya.

Penampilan hebat Asnawi kembali terlihat melawan Vietnam. Serangan Vietnam lebih banyak dilancarkan di sisi kiri pertahanan atau tengah Indonesia, karena di sisi kanan mereka kesulitan melewati Asnawi yang tampil konsisten.

Comments