Pesan Presiden Jokowi untuk Perjuangan Anthony Ginting

Anthony Sinisuka Ginting tampil pada laga pertama Piala Thomas antara Indonesia dan Kanada.

Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, tampil pantang menyerah dan penuh perjuangan pada babak final beregu putra bulu tangkis Asian Games 2018 di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (22/8/2018).

Setelah menahan rasa sakit karena mengalami kram pada kaki kiri pada gim ketiga, Anthony memutuskan untuk mundur saat menghadapi tunggal putra China, Shi Yuqi.

Anthony terpaksa mundur dalam kedudukan 21-14, 21-23, 20-21. Dia dinyatakan kalah dari Shi Yuqi.

Terkait hal tersebut, Sekretaris Jenderal PP PBSI Achmad Budiharto mengungkap kondisi Anthony sekaligus pesan Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), yang turut menyaksikan laga final itu, kepada Anthony dan tim ofisial.

“Kondisinya sekarang sudah cukup baik, bisa berjalan lagi. Kebetulan besok belum turun bertanding (di nomor perorangan), baru hari Jumat tandingnya,” kata Achmad, dikutip dari BadmintonIndonesia, Rabu (22/8/2018).

“Kalau dibilang parah ya memang parah karena kramnya sudah cukup kronis ditambah dehidrasi. Tarikan kramnya cukup kuat, dari ujung jari sampai paha, dan yang paling keras adalah di betis. Akan kita recovery, kita normalkan, butuh waktu yang cukup. Karena kondisinya, Anthony agak memaksakan. Dia sudah merasakan kram di pertengahan game, tetapi dia merasa harus bertanggung jawab menyelesaikan pertandingan, dia mati-matian, sampai memang sudah pada waktunya dia tidak bisa menggerakkan kakinya,” ucapnya.

“Alhamdulillah tidak ada otot yang cedera, tidak ada yang perlu dikhawatirkan, asalkan nanti recovery-nya dari fisioterapi dan segi nutrisinya bisa dijaga sehingga dari elektrolitnya kembali normal,” ujarnya.

Achmad pun mengungkap pesan dari Presiden Jokowi untuk Anthony dan tim bulu tangkis Indonesia.

“Pak Presiden menyempatkan diri menengok kondisi Anthony. Tidak ada hal spesifik yang disampaikan, beliau menyampaikan rasa simpatinya, menenangkan, “Sudah, kamu sudah berjuang dengan baik, tenang saja. Insya Allah kamu akan sembuh,”‘tutur Achmad menyampaikan pesan Jokowi.

“Namun, setelah itu, di luar beliau sangat concern, menanyakan banyak aspek, beliau khawatir kalau Anthony sampai cedera dan menanyakan secara detail. Namun, setelah kami jelaskan, beliau cukup puas dan tetap berpesan untuk dijaga kondisinya, jangan dipaksakan, kalau belum sehat, jangan dipaksakan untuk bermain dulu,” katanya.

Terkait hasil keseluruhan, Indonesia gagal meraih medali emas nomor beregu putra bulu tangkis Asian Games 2018.

Harapan Merah Putih pupus karena kalah 1-3 dari China dalam partai final yang berlangsung di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (22/8/2018).

Comments