Penyebab Kegagalan Ajax Amsterdam di Mata Mourinho

Langkah Ajax Amsterdam di ajang Liga Champions akhirnya terhenti di babak semifinal. Pasukan Erik ten Hag harus mengakui keunggulan Tottenham Hotspur yang menang dengan agresivitas gol tandang kendati agregat menunjukkan imbang 3-3.

Kegagalan Ajax pada pertandingan leg kedua tersebut menuai reaksi dari Jose Mourinho. Menurut eks pelatih Manchester United tersebut, Ajax takut untuk bermain di luar kebiasaan mereka. Padahal menurut Mou, seharusnya mereka bisa lebih berani berinovasi pada laga itu.

“Ajax layak mendapatkan pujian, apalagi dari kami yang mencintai sepak bola. Namun, sepak bola itu adalah tentang pertarungan, dan di sebuah pertarungan Anda membutuhkan strategi untuk memenangkannya,” jelas Mourinho seperti dikutip dari Sportsmole.

Feature: Ajax 2-3 Tottenham Data Review

“Untuk pertarungan yang spesial, maka terkadang Anda tidak harus terikat dengan filosofi Anda. Malah seharusnya Anda bertolakbelakang dengan filosofi tersebut untuk bisa memenangkan sebuah pertandingan sepak bola,” lanjut Mou.

Kegagalan Ajax melaju ke babak final mengubur impian mereka untuk bisa mengulang capaian yang terakhir kali didapat pada 1995. Pada saat itu, Ajax yang dihuni nama-nama legendaris seperti Edwin van Der Sar, Edgar Davids, hingga Frank Rijkaard berhasil menjadi juara Liga Champions usai menekuk AC Milan 1-0 di partai final.

Comments