Pep Guardiola Klaim Man City Belum Siap Raih Gelar Liga Champions

Pep Guardiola

FOXSPORTS.CO.ID –  Sejak hadir sebagai pelatih Manchester City pada musim panas 2016, ekspektasi tinggi harus ditanggung Pep Guardiola. Pria Spanyol itu diharapkan tak hanya mampu membawa The Citizen mendominasi kompetisi domestik Inggris, namun juga Eropa.

Ekspektasi itu hadir dengan karena sebuah alasan. Kesuksesan Pep menguasai La Liga dan Liga Champions Barcelona pada 2009 dan 2011 membuat banyak orang terkesan. Kala itu Barcelona besutan Pep dinilai sebagai tim sepakbola terbaik yang pernah ada sepanjang sejarah dengan permainan tiki taka-nya.

Sejauh ini Pep Guardiola sendiri sudah mempersembahkan dua titel Premier League untuk Manchester City. Kedua trofi itu pun diraih dengan impresif, mendominasi kompetisi dengan nyaris mutlak sepanjang musim. Bahkan pada gelar pertama dia mampu membuat City mencetak rekor kemenangan beruntun, jumlah gol, dan poin.

Ironisnya pencapaiannya bersama The Citizen di kancah domestik belum sebanding dengan pencapaian di Liga Champions. Sejauh ini, Pep Guardiola paling jauh hanya mampu membawa City melaju hingga ke perempat final. Musim lalu, mereka bahkan disingkirkan Tottenham Hotspur yang terpaut cukup jauh dengan mereka di Premier League.

Terkait kegagalan City melaju lebih jauh di Liga Champions meski kualitas mereka di atas rata-rata, Pep Guardiola punya alasannya sendiri. Menurutnya City adalah tim yang kurang efektif dalam memanfaatkan peluang dan hal itu terlihat ketika mereka memiliki 21 tembakan kontra Crystal Palace akhir pekan lalu namun hanya mencetak dua gol.

“Orang-orang berbicara tentang Liga Champions, target itu. Kami masih belum siap,” kata Guardiola melansir dari Goal.

“Kami membuat banyak peluang (vs Palace), tidak kebobolan, tetapi bisa lebih baik. Kami sudah mencetak banyak gol selama dua musim terakhir dan saya tidak ragu tentang itu. Tetapi kami harus terus maju, bekerja keras untuk itu.”

“Kami membuang banyak peluang dan juga kehilangan banyak peluang di kotak penalti. Kami harus klinis.”

The Citizen selanjutnya akan menghadapi Atalanta pada ajang Liga Champions, Rabu (23/10) dini hari WIB di Etihad.

‘I need to put my players in the fridge over Christmas’ – Guardiola

Comments