Tekuk Barcelona, Valencia Rengkuh Gelar Juara Copa del Rey

Qatar battle back to deny Paraguay in Copa America 2019 opener

Valencia keluar sebagai juara Copa del Rey usai menaklukkan Barcelona pada babak final dengan skor 2-1 di Stadion Benito Villamarin. Dua gol kemenangan Valencia dibukukan oleh Kevin Gameiro dan Rodrigo. Sementara sebiji gol Barca dicetak oleh Lionel Messi.

Valencia langsung tancap gas sejak awal pertandingan. Peluang langsung didapatkan oleh Kelelawar Mestalla pada menit kelima andai saja Rodrigo mampu menceploskan bola yang berhasil dihadang oleh Gerard Pique.

Gugupnya Barca pada awal-awal laga memang cukup mengejutkan, sebab Valencia sejatinya bukan tim baru yang mereka hadapi. Namun, Valencia bermain begitu efektif, memanfaatkan celah terbuka pada pertahanan Barcelona untuk mencuri peluang.

Gol dari Kevin Gameiro pada menit 21 membuat Barca tersentak, sayangnya mereka tidak langsung merespons. Alih-alih, gawang Jasper Cillessen kembali kejebolan pada menit 33 kali ini giliran Rodrigo yang mencatatkan namanya di papan skor.

Tertinggal 0-2 di paruh pertama membuat Barcelona menaikkan tempo permainan di babak kedua. Usaha mereka tidak sia-sia, sebuah gol dari Messi pada menit 73 memperkecil kedudukan. Sayangnya semua sudah terlambat, Valencia mengunci skor 2-1 atas Barcelona.

Tentu saja ini merupakan kenyataan yang pahit untuk pasukan Ernesto Valverde karena mereka gagal menutup musim dengan gelar kedua – setelah gelar juara La Liga. Untuk Valencia, penampilan impresif musim ini terbayar dengan sebuah trofi. Gelar juara Copa del Rey tahun ini merupakan gelar kedelapan sepanjang sejarah Valencia sekaligus menghentikan dominasi Barca yang merebut gelar juara di empat edisi terakhir.

Susunan Pemain:

  • Barcelona: J. Cillessen; Semedo, Pique, Lenglet, Alba; Busquets; Roberto, Rakitic, Arthur, Coutinho; Messi.
  • Valencia: J. Domenech; Wass, Garay, Gabriel, Gaya; Soler, Parejo, Coquelin, G. Guedes; Rodrigo, Gameiro.

Comments