Piala Dunia Wanita 2019: Toni Duggan Ingin Sepakbola Wanita Lebih Dihargai

Pemain tim nasional Inggris wanita dan klub FC Barcelona Femeni, Toni Duggan menjalani musim yang cukup bagus. Meski kalah di final Liga Champions Wanita beberapa waktu lalu oleh Lyon Femenin, namun ia kini sedang tancap gas di ajang Piala Dunia Wanita 2019.

Beberapa waktu lalu, kepada laman The Guardian, ia menyampaikan aspirasinya mengenai sepakbola wanita. Untuk level Eropa saja, sepakbola wanita belum mendapatkan eksposure dan penghargaan yang layak dari klub dan publik.

“Haruskah saya mendapatkan gaji yang sama dengan para pesepakbola pria? ‘Tidak, karena pesepakbola lebih banyak fans dan skalanya lebih tinggi dari pada kami (pesepakbola wanita). Tapi saya percaya para gadis itu harus dibayar lebih baik lagi, meski tidak sama dengan laki-laki,” ujarnya kepada The Guardian.

Toni Duggan yang sudah berkarier di Spanyol bersama Barcelona sejak muism 2017-18 silam, kini mulai menemukan perbedaan besar sepakbola wanita di Spanyol dan di Inggris.

“Di Spanyol ada lebih banyak publisitas … ketika kami sukses, kami akan muncul di halaman depan surat kabar –bahkan, setiap surat kabar yang besar, seperti Marca dan yang lainnya. Itulah level kami disana, beberapa hal mulai sama dengan para pesepakbola pria – dan itulah cara kami diperlakukan di Spanyol sana,” pungkasnya.

Comments