Napoli unggul tipis atas Sampdoria

Meski sempat tertinggal, Napoli akhirnya bisa membalikkan kedudukan saat melakoni lanjutan Serie A Italia melawan Sampdoria, Sabtu (23/12) malam, di San Paolo.
Anak asuh Maurizio Sarri dikejutkan gol cepat tim tamu di menit dua. Adalah Gaston Ramirez yang mampu menembus gawang Pepe Reina. Sebelumnya Gianluca Saprari dijatuhkan pemain bertahan Napoli, Elseid Hysaj. Ramirez yang mengeksekusi tendangan bebas jarak jauh itu berhasil menaklukkan Reina.
Anak-anak Napoli yang tersentak berusaha menyamakan kedudukan. Sayang, upaya Jose Callejon di menit sembilan masih bisa dimentahkan Emiliano Viviano. Sepakan Dries Mertens tiga menit setelahnya juga tak membuahkan hasil.
Partenopei berhasil menyamakan kedudukan di menit 16 setelah Allan memanfaatkan bola rebound hasil sepakan Callejon, yang sebelumnya masih dimentahkan Viviano. Para bek Il Samp memprotes kebijakan wasit karena Callejon dianggap telah berada dalam posisi offside.
Fabio Quagliarella menambah keunggulan Sampdoria di menit 27 dengan sepakan penaltinya. Hysaj melakukan pelanggaran kepada Ramirez yang membuat wasit langsung menunjuk titik putih.
Napoli kembali menyamakan kedudukan di menit 33. Lorenzo Insigne mencatatkan namanya di papan skor setelah menerima umpan dari Mertens.
Tuan rumah berbalik unggul enam menit sebelum paruh pertama bubar. Kapten Marik Hamsik berhasil membobol gawang Viviano dengan sontekannya. Mertens kembali menjadi arsitek untuk gol ketiga sekaligus gol kemenangan ini. Paruh pertama berlangsung seru dengan keunggulan sementara 3-2 bagi Napoli.
Di menit 57, Viviano diberikan kartu kuning oleh wasit karena dianggap memegang bola di luar kotak penalti.
Quagliarella menjadi pemain Sampdoria yang paling aktif membongkar pertahanan Raul Albiol, dkk. Sayang, upayanya di menit 68 dan 74 tak berhasil membungkam tuan rumah.
Napoli justru harus bermain dengan sepuluh pemain ketika Mario Rui dikartu merah karena melanggar Dawid Kownacki dengan keras. Sebelumnya, ia telah menerima kartu kuning di menit 52.
Meski unggul jumlah pemain, Sampdoria gagal memanfaatkannya. Hingga pertandingan berakhir, tak ada gol yang tercipta lagi. Hasil ini membuat Napoli sementara bertengger di puncak Serie A unggul lima poin dari Inter Milan yang kalah tipis dari Sassuolo. Sementara itu, Hamsik juga mencatatkan rekor menjadi top skor sepanjang masa klub dengan 116 gol, melewati Diego Maradona.

Comments